Babinsa Salhutni Koramil 416-07, Ajak Warga Waspadai Kebakaran Rumah

SIDAKPOST.ID, TEBO – Babinsa Serda Salhutni Koramil 416-07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bungo Tebo menghimbau kepada warga masyarakat, untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman kebakaran rumah yang terjadi pada saat kapan saja dan biasanya kebakaran tersebut akibat dipicu oleh kelalaian dari manusia itu sendiri.

Dalam sepekan ini diwilayah Kabupaten Tebo sering terjadi kebaran rumah, yang menghabiskan harta benda atau materil ratusan jutabrupiah bahkan lebih, musibah kebakaran tersebut kebanyakan dipicu kelalaian para pemilik rumah itu sendiri dan sebab lainnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Serda Salhutni, pada saat meninjau lokasi pasca kebakaran tiga kios sembako di Pasar Blok F Kecamatan Rimbo Ilir.

“Seyogianya masyarakat lebih baik menyiapkan kantong-kantong atau sumber air, serta drafting point dalam rangka kesiapsiagaan apabila sewaktu – waktu terjadi kebakaran rumah dan lainnya,” ujar Babinsa Serda Salhutni,

Beberapa faktor penyebab kebakaran rumah, sebut Serda Salhutni, yaitu diantaranya dari api tungku memasak yang lupa dimatikan, kemudian akibat korsleting arus pendek listik, membuang puntung rokok sembarangan dan lainnya, sehingga memicu api lalu terjadi kebakaran meluas.

Baca Juga :  Satgas TMMD Berhasil Tembus Titik Terparah Pembangunan Peningkatan Jalan

Mestinya menjadi perhatian warga masyarakat yaitu untuk memastikan api pada tungku sudah benar-benar padam setelah selesai memasak, waspadai penggunaan arus listrik, termasuk hati-hati memggunakan kompor gas maupun kompor minyak tanah.

“Justeru karena itu yang harus dilakukan oleh masyarakat yaitu berupaya meningkatkan Sistem Ketahanan Kebakaran Lingkungan (SKKL), dengan cara meningkatkan partisipasi dan kepedulian masyarakat,”pungkas Salhutni. (asa)