Diskominfo Merangin Gelar Sosialisasikan KIM

Dibaca: 136 kali

SIDAKPOST.ID, MERANGIN РDinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Merangin melakukan sosialisasi kelompok Informasi Masyarakat (KIM), kepada KIM Tunas Mekar Desa Simpang Limbur Merangin Kecamatan Pamenang Barat, Kamis (18/11/21).

Sosialisasi dibuka Bupati Merangin H Mashuri, melalui Kadis Kominfo Merangin M Arief yang diwakilkan oleh Sekdin Kominfo H Abdul Azis, di Balai Desa Simpang Limbur Merangin.

Sekdin, menerangkan bahwa KIM adalah kelompok yang sifatnya mandiri dan kreatif. Aktivitasnya mengelola informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka mengelola dan mendiseminasikan informasi kepada masayarakat.

“KIM juga dapat mengedukasi insan informasi, agar memiliki kecerdasan dalam menerima terpaan arus informasi. KIM berkedudukan di tingkat desa maupun kelurahan secara mendiri dan non partisan sebagai wujud partisispasi masyarakat, pada tingkat dusun, RW atau komunitas lainnya,” jelas Sekdin

Dikatakan, KIM juga dapat dibentuk kelompok-kelompok diseminasi yang kelembagaannya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiaran KIM desa dan kelurahan.

“Sedangkan dalam penyelenggaraannya, KIM bertujuan sebagai mitra pemerintah dalam penyebarluasan, sosialisasi dan desiminasi informasi pembangunan kepada masyarakat,”katanya.

Lanjutnya, KIM juga mewujudkan masyarakat yang dinamis, perduli dan peka terhadap arus informasi.

“Masyarakat dapat menjadikan KIM sebagai katalisator dan dinamisator dalam memelihara, meningkatkan semangat kegotong royongan dalam bermasyarakat,”tukasnya.

Sosialisasi tersebut menghadirkan dua orang pemateri, Kabid PLKP Diskominfo Merangin Irwandi, S. Ag dan Hamzar, SP dari penyuluh pertanian madya Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Merangin. (don)

ADVERTISEMENT