Demi Pembangunan Jalan TMMD, Warga Relakan Lahan dan Kebunnya

Dibaca: 113 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Sejak dibukanya pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 112 Kodim 0416/Bute yang dipusatkan di Kelurahan Sungai Bengkan dan Desa Kunangan Kecamatan Tebo Ilir Kabupaten Tebo jauh-jauh hari masyarakat sudah ikhlas dan merelakan lahan serta beberapa batang pohon sawitnya di tebang untuk dibuat jalan.

Diantara para warga pekebun sawit yang merelakan lahan dan tanaman sawitnya di tebang yakni Wito (54). Dimana dengan dibukanya jalan antara RT. 17 Simpang Semangko Kelurahan Sungai Bengkal menuju Dusun Pegambiran Desa Kunangan pengangkutan buah sawit akan semakin lancar.

“ Sejak dipilihnya Desa kami ini sebagai sasaran pelaksanaan TMMD sebahagian warga yang kebunnya terkena jalur pembukaan jalan sudah merelakan untuk di doser dengan alat berat agar mempermudah pembukaan jalan. Karena jalan tersebut untuk kami dan yang merasakan manfaatnya juga kami, “ ujar Wito, Sabtu (18/9).

Disebutkannya, para petani sawit dan petani lainnya sudah sepakat memberikan lahan berapa yang diperlukan untuk pembukaan jalan dari RT. 17 Simpang Semangko Kelurahan Sungai Bengkal menuju Dusun Pegambiran Desa Kunangan, karena warga sudah lama mendambakan pembukaan jalan tersebut.

Ia juga yakin, dengan dibukanya akses jalan tersebut dan dirubahnya lahan perkebunan warga menjadi jalan bukan berarti mengurangi hasil panen. Namun akan meningkatkan produksi panen karena petani akan lebih mudah merawat dan mengangkut hasil perkebunan.

“ Tanah memang bisa berkurang, namun apabila kita bandingkan sebelum ada jalan dengan yang sudah ada jalan maka produksi Tandan Buah Segar (TBS) sawit akan semakin meningkat. Berarti dengan begitu kita tidak akan sia-sia memberikan tanah dan bebeapa batang sawit kita untuk dijadikan jalan, “ terangnya.

Ia mencontohkan, selama ini apabila petani hendak membawa pupuk ke lokasi kebun, petani harus merogoh kantong cukup banyak untuk biaya pengangkutan pupuk. Belum lagi kalau kebun masih tahap pembukaan, yang tentunya biaya transportasi pengangutan bibit dan pekerja juga cukup besar. Sekarang ini berkat program TMMD, kita bisa langsung membawa hasil kebun tanpa harus mengoyak kantong lagi.

“ Kami berterimakasih kepada TNI dan Pemda Tebo yang telah memilih Desa kami ini sebagai sasaran TMMD ke 112 Kodim 0416/Bute, apalagi TNI yang bekerja di sini juga ramah dan bergaul dengan masyarakat yang ada, ” tuturnya. (zek)

ADVERTISEMENT