Kantor Bahasa Jambi Gelar Penyuluhan Tata Bahasa Bagi Awak Media di Bungo

Dibaca: 141 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Kantor Bahasa Jambi mengadakan penyuluhan Bahasa Indonesia terhadap awak media di Kabupaten Bungo. Acara digelar di Kampus STIA Bungo, dimulai Selasa dan akan ditutup, Rabu (19/9/2019).

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan para insan pers dalam penulisan berita, khususnya dalam tatanan bahasa dan tanda baca dalam setiap kalimat berita.

Sebagai pemateri dalam penyuluhan itu salah satunya Leni Sulastri, S.S. Dalam penyampaiannya, Leni memberikan kajian tentang bahasa.

Kepada peserta, Leni menyampaikan bahwa seorang awak media harus bisa menempatkan kalimat dan bahasa yang tepat serta sederhana agar pembaca bisa memahami dengan mudah isi dari berita yang kita sampaikan.

“Media yang memberikan informasi juga harus bisa mencerdaskan para pembacanya. Oleh karena itu, kita diharuskan menggunakan penulisan kalimat yang benar, jangan sampai para pembaca kita salah memahaminya,” ucapnya.

Terpisah, kepala kantor Bahasa Jambi, Syaiful Bahri Lubis, S.S. Juga menyarankan agar pelaku pers lebih jeli dalam meletakkan kata per kata, dalam penulisan berita agar tidak salah dalam pengertiannya.

“Saya juga menyampaikan kepada kawan-kawan wartawan agar berhati-hati dalam meletakkan kata dan kalimat dalam sebuah berita, agar si pembaca tidak salah mengartikan berita kita tersebut,”pungkasnya. (Cr1)

ADVERTISEMENT