Uji Lab Limbah, DLH Bungo Diduga Tutupi Nama Perusahaan

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Menanggapi hasil Laboratorium air limbah pabrik sawit PT.SJA (Sawit Jujuhan Abadi) yang diduga sudah dua Tahun membuang limbah ke Sungai Batang Jujuhan Kabupaten Bungo, pihak Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jambi seolah olah menutupi hasil tes sampel limbah tersebut.

Pasalnya, sampel limbah dikirimkan sepekan lalu, oleh pihak dari DLH Bungo yang diambil langsung oleh mereka dari sungai Batang Jujuhan yang bisa membahayakan terhadap manusia dan hewan yang hidup dilingkungan tersebut, membuat banyak pertanyaan.

Pihak laboratorium DLH Provinsi Jambi tidak mengetahui sampel limbah tersebut dari PT mana. Bahkan kata dia, mereka wajib menutupi hasil tes sampel limbah itu. Karena pihak DLH Bungo lah yang bethak menyampaikan hasilnya.

“Kami tidak bisa memberikan hasil lab dari perusahaan yang bersangkutan, karena itu sudah aturan disini, dan kalau kalian mau tau hasil tes sampel tersebut, silahkan kalian tanyakan ke pihak DLH Bungo. Karena mereka yang punya kewenangan untuk hal itu,” ungkap Nora, salah satu pegawai Laboratorium DLH Provinsi Jambi, Selasa (18/9/2018) siang.

Terpisah, Kadis LH Bungo, mengatakan hal sebaliknya, Prasetyo saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya mengatakan bahwa hasil tes Labnya masih dijemput dari Jambi, dan masalah data pihaknya sudah memberikan data sampel tersebut ke Laboratorium DLH Provinsi Jambi.

“Saya sudah menugaskan orang saya untuk mengantarkan data sampel limbah tersebut ke Laboratorium Jambi. Besok pagi Rabu (19/9) hasil sampel PT. SJA tiba di Bungo. Terkait dari peryataan dari Labor DLH Jambi, nanti akan kita tanya ke staf saya yang mengantarkan sampel limbah kemarin,” ujarnya. (zek)