Pangdam II/Sriwijaya, Intruksikan Jajarannya Sholat Minta Hujan

Dibaca: 91 kali

SIDAKPOST.ID, PALEMBANG – Seakan tak kenal lelah, segala daya dan upaya dilakukan prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Karhutla dalam menangani Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Sumsel.

Tak hanya dengan tenaga, secara spiritual pun dilakukan oleh TNI dengan menggelar Sholat Istisqa’ untuk meminta hujan.

Sholat Istisqa’ dilaksanakan sejak kemarin hingga hari ini, Sabtu (17/8/2019), di seluruh satuan jajaran Kodam II/Swj di wilayah Sumbagsel. Ini merupakan instruksi dari Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum.

Seperti kegiatan Zikir, Yasinan dan do’a bersama dilanjutkan Sholat Istisqa’ dalam rangka pencegahan Karhutla Sumsel. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kasiter Korem 044/Gapo Letkol Inf Imam Priharso dan di Imami oleh KH. Hendra Zainudin yang dilangsungkan di Pondok Pesantren Aulia Cendikia, Talang Jambe, Muba. (16/8/2019).

“Kodam II/Swj dan satuan jajarannya, Korem, Kodim, Koramil melaksanakan Zikir, do’a dilanjutkan Sholat Istisqa’ meminta hujan. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap hari di satuan masing-masing setelah Sholat Maghrib sampai Sholat Isya. Ini sesuai instruksi Pangdam II/Swj,” ujar Kapendam II/Swj Kolonel Inf Djohan Darmawan, Sabtu (17/8/2019).

Dikatakan Kapendam, Pangdam telah memberikan arahan dan penekanan kepada seluruh personel Satgas Karhutla untuk memaksimalkan pemadam karhutla.

Hal ini juga untuk membantu masyarakat di tengah musim kemarau ini. Terutama bagi masyarakat yang terkena dampak karhutla di daerah-daerah.

“Selain meminta hujan, kami juga mendoakan kesehatan dan keselamatan rekan-rekan kami, anggota Satgas Karhutla yang tengah bertugas memadamkan kebakaran hutan dan lahan khususnya di provinsi Sumsel dan Jambi,” kata Djohan.

“Semoga dengan dilaksanakan kegiatan Zikir, do’a dan Sholat Istisqa’ ini dapat membantu mereka yang sedang dilanda kesusahan dan juga dapat menurunkan hujan,”katanya.

Selain di Sumsel, kegiatan Zikir dan Sholat Istisqa’ juga dilakukan di Jambi. Ratusan prajurit jajaran Korem 042/Gapu bersama masyarakat sekitar juga menggelar Sholat Istisqa’ yang diikuti oleh Dandim dan Bupati beserta unsur Forkopinda Kab. Sarolangun, Pimpinan Ponpes, Ustadz dan para Santri serta jajaran prajurit TNI, Polri dan masyarakat Kab. Sarolangun.

“Mereka berdoa bersama agar kebakaran hutan dan lahan bisa dipadamkan,” kata Kapendam.

“Semoga dengan Zikir, Do’a dan Sholat Istisqa’ ini dapat membantu mereka yang sedang dilanda kesusahan dan juga dapat menurunkan hujan, sehingga kebakaran lahan bisa teratasi,” tutupnya. (pendamII/Sriwijaya)

ADVERTISEMENT