Irigasi Jebol, Sawah Warga Kumun Terancam Kekeringan

Dibaca: 100 kali

SUNGAI PENUH – Banjir bandang yang menghantam Kumun Debai,Minggu (9/6/19) yang lalu,juga mengakibatkan Jebolnya tanggul irigasi Sungai Kumun yang berada di Desa Ulu, Kumun Debai Kota Sungai Penuh.

Sungai Kumun merupakan saluran utama untuk memasok air ke areal persawahan,dengan jebolnya tanggul irigasi ini di pastikan ribuan hektar sawah akan terancan mengalami kekeringan.

Jafrianto wargan Kumun mengharap kepada pihak terkait agar untuk memperhatikan hal ini,karena di khawatirkan tidak di perbaiki sawah sawah yang berada di Kumun Debai akan kekeringan,apalagi datang musim kemarau.

“Akibat tanggul irigasi jebol aliran air di saluran irigasi di Desa Ulu Air tersebut tidak bisa difungsikan lagi. Untungnya saat ini padi kami sudah besar-besar, tapi apabila tidak segera diperbaiki tentu kami tidak bisa menggarap sawah ini lagi karena air tidak ada,” ungkap warga Joni Afrianto.

Sementara itu kepala desa Ulu Air Lamia mengungkapkan pasca jebolnya tanggul irigasi tersebut Pemerintah Desa sudah melaporkan kepada Dinas PUPR Kota Sungai Penuh dan Dinas sudah melakukan peninjauan ke lokasi.

“Setelah di lihat kelokasi, Pihak Dinas PUPR mengatakan pihaknya akan mengupayakan pengerjaannya dilaksanakan dalam tahun ini juga,” kata kades.

Selain merusak tanggul irigasi, banjir bandang tersebut juga merusak bronjong di belakang rumah warga dan apabila tidak segera diperbaiki jika curah hujan tinggi masyarakat khawatir banjir akan merusak rumah-rumah. (Iy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT