22 Terkonfirmasi Positif Covid-19, Forkopimcam Rimbo Ilir Gelar Rakor

Dibaca: 426 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Zona oranye status Kabupaten Tebo saat ini dan dampak dari wabah Corona Kecamatan Rimbo Ilir termasuk tinggi penularan Virus berbahaya ini, sesuai data dan faktual yang ada terkonfirmasi Positif Covid-19 sebanyak 22 orang, dengan rincian meninggal dunia 5 orang dan 8 orang masih positif sedangkan yang sembuh 9 orang,

Menyikapi kondisi ini, Forkopimcam Rimbo Ilir kembali menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral bertempat di Aula Kantor Camat, yang diikuti oleh Camat Edi Sukarjo.SH, Danramil 416-07 Kapten Inf Wakhid Nurokhim, Kapolsek AKP Ibrahim,Kapus Sumian,SKM, Para Kades, Ketua MUI H.Setioko, Ketua Adat Zaenuri, Para Babinsa, Para BKTM dan Para Bidan Desa. Pada Selasa (18/05/2021).

Dalam Rakor ini disepakati yaitu :
1.Tidak diperbolehkan mengeluarkan Surat Rekomendasi Pesta/Hajatan oleh Pejabat Desa Setempat serta pelaksanaan kegiatan Pesta/Hajatan terhitung mulai tgl 18 Mei 2021 sampai dengan waktu yang belum ditentukan.

2.Kegiatan akad nikah diperbolehkan dengan catatan jumlah orang yang hadir paling banyak 10 hingga 15 orang.

3.Tidak diperbolehkan mengadakan kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak/lehih dari 10 (sepuluh) orang.

4.Melakukan kegiatan penyemprotan pada rumah ibadah, fasilitas umum dan melaksanakan sosialisasi penerapan protokol kesehatan terutama pada desa yang sudah terkonfirmasi Covid-19.

5.Melaksanakan protokol kesehatan 5 M (Memakai Masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas dan Interaksi) dalam aktivitas sehari hari.

6.Apabila tidak mengindahkan hasil kesepakatan rapat Tim Gugus Tugas Kecamatan Rimbo Ilir, akan ditindak oleh yang berwenang sesuai ketentuan yang berlaku.

Camat Rimbo Ilir Edi Sukarjo mengatakan, pihaknya meminta kepada stakeholder yang ada untuk bersama-sama menekan lonjakan Covid-19 di wilayah Kecamatan Rimbo Ilir.

” Mari semua elemen yang ada untuk mengoptimalkan sosialisasi penerapan prokes ditengah masyarakat,” harap Camat Edi Sukarjo.

Kapolsek Rimbo Ilir AKP Ibrahim mengatakan, bahwa pada prinsipnya mendukung sepenuhnya hasil Rakor lintas sektoral yang intinya seluruh elemen bersatu padu dalam meminimalisir Covid-19 di Rimbo Ilir.

“Mari kepada para Kades, para
Bhabinkamtibmas, para Babinsa dan para Tokoh yang ada di desa, untuk memberikan pemahaman dan pengertian kepada warganya tentang kondisi sekarang ini dengan lonjakan warga yang terpapar Covid-19, agar masyarakat memperketat protokol kesehatan, ” ujar Kapolsek AKP Ibrahim.

Danramil 416-07/Rimbo Bujang Kapten INF Wakhid Nurokhim minta dengan serius, supaya Pos PPKM yang ada disetiap desa difungsikan secara maksimal dalam memantau dan memonitor serta menegakkan prokes secara ketat di masyarakat.

” Pos PPKM sudah terbentuk di desa – desa dan diharapkan bukan sekedar spanduk yang dipajangkan saja, untuk penyemprotan disinfektan agar digencarkan lagi ditempat umum, tempat ibadah dan lainnya.,”tandas Danramil Kapten INF Wakhid Nurokhim. (asa)

ADVERTISEMENT