Survei Rakata Institut, Elektabilitas Mustafa Ungguli Herman HN dan Ridho Ficardo

Dibaca: 453 kali

SIDAKPOST.ID, LAMPUNG – Lembaga survei Rakata Institut melakukan survei terkait dengan elektabilitas pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung.

Survei dilakukan pada 10-14 Mei 2017 dengan mengambil sampel seluruh warga Lampung yang memiliki hak pilih.

Target sampel 1000 responden, dengan margin of error sebesar +/- 3% dan tingkat kepercayaan 95%. Sampel dipilih secara random dengan teknik stratified random sampling dan wawancara responden secara terbuka.

Dari 20 nama tokoh Lampung yang disurvei, Rakata Institut menunjukkan, jika Pilgub Lampung dilakukan saat ini, elektabilitas Mustafa sebesar 15,00 persen, kedua Herman HN sebesar 14,10 persen lalu Ridho Ficardo menempati urutan ketiga yakni sebesar 13,90 persen.

Lalu sebanyak 59,90% masyarakat Lampung tidak puas terhadap kinerja M.Ridho Ficardo selama menjadi Gubernur Lampung.

Demikian terungkap dalam konferensi pers lembaga survei Rakata di Hotel Grand Anugrah BandarLampung Kamis, (18/5/2017).

Dalam survei itu, penyebab masyarakat Lampung tidak puas terhadap kinerja Ridho Ficardo karena adanya masalah penyediaan barang kebutuhan pokok sehari hari, masalah keamanan, penyediaan lapangan pekerjaan, penegakan hukum dan lainnya.

Sementara hasil survei Rakata Institute terkait Pilgub 2018 mendatang, sebanyak 62.00 persen masyarakat Lampung menginginkan Gubernur baru untuk memimpin Lampung.

Tingginya keinginan masyarakat tersebut berbanding lurus dengan tingginya ketidakpuasan masyarakat terhadap kinerja Gubernur dan rendahnya kepuasan masyarakat terhadap kinerja kepemimpinan M.Ridho Ficardo saat ini.

Sementara untuk tingkat popularitas bakal calon Gubernur Lampung 2018 mendatang, M.Ridho Ficardo masih menempati urutan teratas, kedua Herman HN dan ketiga Mustafa.

Untuk elektabilitas tokoh bakal calon Gubernur mendatang, Mustafa menempati urutan pertama disusul Heman HN, M.Ridho Ficardo dan calon bakal Gubernur yang lain.

Sedangkan untuk survei analisis indeks kesukaan masyarakat dibandingkan popularitas, Mustafa juga menempati urutan pertama sementara Herman HN dan M.Ridho Ficardo menempati urutan kedua dan ketiga.

Dan tentang pengetahuan masyarakat terhadap waktu pelaksanaan Pilgub mendatang dari 100% masyarakat Lampung 65,80% menyatakan belum tahu tentang waktu pelaksanaan Pilgub ini. (Sp)

ADVERTISEMENT