Pj Bupatj Tebo dan OPD Ikuti Virtual, Rakor Inflasi dan RUU Kesehatan

Suasana Rakor Penanganan Mingguan dan Sosialisasi RUU tentang kesehatan secara Virtual, diikuti Pj Bupati Tebo dan OPD di Rumdis Bupati. Foto : sidakpost.id/Lalu. Biro Tebo

SIDAKPOST.ID, TEBO – Pj Bupati Tebo H.Aspan beserta sejumlah Kepala OPD mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Inflasi Mingguan, serta Sosialisasi RUU tentang Kesehatan secara Virtual, bertempat di Rumah Dinas Bupati Tebo, kemarin.

Rakoor diawali dengan pembukaan oleh Mentri Dalam Negeri Tito Karnavian, serta dilanjutkan dengan pemaparan terkait Rancangan Undang Undan (RUU) Kesehatan oleh Menteri Kesehatan RI.

Rencana Undang-Undang Kesehatan mendukung transformasi Sistem Kesehatan Indonesia untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, produktif, mandiri dan berkeadilan.

Beberapa Visi Presiden RI untuk mewujudkan masyarakat sehat adalah :
1. meningkatkan kesehatan ibu, anak, keluarga berencana, kesehatan reproduksi.
2. Mempercepat perbaikan gizi masyarakat.
3. Memperbaiki pengendalian penyakit.
4. Gerakan masyarakat hidup sehat.
5. Memperkuat sistem kesehatan dan pengendalian obat dan makanan.

6 transformasi yang akan dilakukan untuk RUU Kesehatan ini adalah transformasi layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM Kesehatan dan teknologi Kesehatan.

Pemaparan inflasi dilanjutkan oleh Mentri Dalam Negeri dengan laporan awal inflasi bulan lalu mengalami penurunan. Beberapa dampak inflasi adalah dari perang, ketegangan politik, kemarau yg panjang dan ketidak maupun sistem perbankan serta supply and demand barang. (adl)