Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan, AKPER Setih Setio Gelar Kuliah Umum

Dibaca: 703 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Akademi Keperwatan (Akper) Setih Setio Muara Bungo, menggelar kuliah umum dengan tema “Trik Skses Membangun Bisnis” yang berlangsung di aula kampus, Kamis (18/03/2021).

Dengan tetap memerhatikan Protokol Kesehatan Covid-19 yang ketat, Kuliah umum ini menghadirkan pemateri, Ketua Umum BPC HIPMI Kabupaten Merangin, Reno Zahrofi, didampingi Wakil Direktur Akper, Ns. Dewi Narulita, M. Kep.

Reno Zaurofi dalam penyampainnya, menekankan kepada seluruh mahasiswa bahwa Kewirausahaan merupakan peluang pilihan terkini dalam dunia kerja, terutama menghadapi ancaman modernisasi dan masa kompetisi global yang penuh persaingan.

“Kuliah umum ini merupakan salah satu bagian dari pengembangan soft skill mahasiswa dalam membangun dan mengembangkan Bisnis. Untuk sukses membangun bisnis, tentu kita harus mempunyai strategi marketing yang jelas, selain itu harus percaya diri dan memiliki inovasi-inovasi baru untuk menarik konsumen,” kata Reno Zahrofi.

Menurutnya, sifat kreatif dan inovatif selalu mencari kemungkinan hal-hal baru, sehingga kewirausahaan diharapkan nanti dapat menghasilkan kemampuan berwirausaha yang sesungguhnya bagi mahasiswa.

Karena untuk menjadi entrepreneur itu, harus siap berada di zona tidak nyaman dan merubah pola berpikir membuat usaha bukan untuk kepentingan pribadi, akan tetapi untuk kepentingan orang banyak.

“Diharapkan kedepan khsusnya di Kabupaten Bungo ini melahirkan Entrepreneur muda dan sukses, karena kita tahu di daerah Jambi ini mindset nya masih sebagai pekerja. Setelah ini diharapkan dapat meningkatkan gairah mahasiswa untuk berwirausaha,” harapnya.

Sementara wakil Direktur Akper, Ns. Dewi Narulita, M. Kep mengatakan Pentingnya ilmu wirausaha di zaman majunya teknologi ini diharapkan mahasiswa Akper menjadi generasi yang unggul, memiliki daya saing tinggi untuk menghadapi masa depan.

“Karena sekarang di zaman milenial sekarang ini, perawat juga harus dituntut untuk berwirausaha atau nursepreneur, dengan harapan kedepan mahasiswa kita setelah usai dari kuliah nanti mempunyai bekal menjadi perawat yang berwirausaha,”ucap Ns. Dewi Narulita, M.Kep.

Lanjut Ns Dewi, Akper Setih Setio Muara Bungo juga melaksanakan Sosialisasi perekrutan calon tenaga perawat ke luar negeri. kegiatan yang bekerjasama dengan Disnakertrans Provinsi Jambi, merekrut calon pekerja migran indonesia (CPMI) yang merupakan peluang bagi Perawat bekerja ke luar negeri.

“Karena pemerintah saat ini tengah berupaya mengurangi angka pengangguran di indonesia, salah satunya memberi peluang bagi tenaga perawat untuk kerja ke jepang, mudah-mudahan dengan program ini, nantinya di Kabupaten Bungo lulusan Akper akan ada yang berkesempatan bekerja ke luar negeri. Karena permintaan setiap tahun sangat banyak, dengan gaji sangat besar berkisar Rp 15-25 juta per bulan,” katanya.

Bahkan saat saat ini menjadi lulusan perawat sangat besar peluang kerjanya bukan hanya di dalam negeri tapi juga diluar negeri. Apalagi di era digital seperti saat ini, profesi perawat sampai kapanpun tidak bisa tergantikan.

” Profesi lain mungkin bisa diganti dengan Mesin ataupun lainnya, sementara menjadi seorang Perawat tidak mungkin akan digantikan oleh Robot/Mesin dalam memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat,” tukasnya. (adv/jul)

ADVERTISEMENT