Kesenian Bernafaskan Islami, Bisa Untuk Media Dakwah & Menangkal Budaya Barat

Dibaca: 291 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Kesenian bernafaskan Islami selain untuk hiburan juga untuk media dakwah dan syiar Islam serta dapat menangkal budaya asing, yang tidak sesuai dengan norma kehidupan umat Islam khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya.

Seperti kegiatan yang digelar oleh,  Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo, dalam menyambut Bulan Rajab yang jatuh pada hari Senin tanggal 19 Maret esok.

Masuknya bulan Rajab berbagai kegiatan keagamaan yang diperlombakan seperti, kesenian rebana dan lainnya yang bernuansa Islam. Dilaksanakan di Kantor Lurah Wirotho Agung, Minggu (18/3/2018).

 

Ketua Panitia, Siti Sulaimah dikonfirmasi mengatakan, dalam rangka menyambut Bulan Rajab BKMT Kelurahan Wirotho Agung Rimbo Bujang menggelar lomba Rebana, Mars BKMT, Tatib memimpin Tahlil, Bacaan Surat pendek Al Quran dan lainnya yang diikuti oleh group rebana dan BKMT jalur se Wirotho Agung.

“Digelarnya lomba rebana ini dalam rangka terus menumbuhkembangkan dan melestarikan kesenian bernafaskan islam. Karena kesenian bernuansa islam selain untuk hiburan untuk media dakwa syiar islam juga dapat menangkal budaya barat yang tak sesuai dengan norma agama islam,” ujar Siti Sulaimah.

Imbuh Siti Sulaimah yang juga pimpinan group Rebana Hidayatullah jalan Imam Bonjol Wirotho Agung, menurutnya kesenian bernuansa islam harus ditumbuhkembangkan kepada generasi muda sehingga kesenian tersebut tidak hilang tergerus kemajuan zaman.

Lagu yang ditampilkan kesenian bernuansa islam, bisa dikemas berisikan pesan kepada generasi muda jangan menyalahgunakan narkoba, radikalisme dan pesan agama lainnya.

“Mari kita terus masyarakatkan kesenian bernuansa islam, untuk mengimbangi kemajuan zaman dan globalisasi teknologi baik kemajuan teknologi komunikasi dan lainnya, “pungkasnya. (asa)

ADVERTISEMENT







ADVERTISEMENT