Serda Supriyanto Bantu Panen Jagung Kelompok Tani Mekarsari

Babinsa Serda Supriyanto sedang membantu panen jagung, milik Kelompok Tani Mekarsari di Desa Sumbersari. Foto : sidakpost.id/Amir. Biro Tebo

SIDAKPOST.ID. TEBO – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serda Supriyanto Koramil 416-07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute ikut membantu panen raya jagung milik kelompok tani (Poktan) Mekarsari.

Panen raya jagung ini dalam rangka untuk mendukung dan mensukseskan program ketahanan pangan di Jalan Ujung Pandang RT 32 Dusun Baru Desa Sumbersari Kecamatan Rimbo Ulu, Kabupaten Tebo.

Serda Supriyanto tetap memberikan semangat kepada anggota Poktan Mekarsari, kendatipun saat ini tidak ada pupuk bersubsidi dari pemerintah.

Untuk menopang meringankan modal pemupukan, anggota Poktan Mekarsari bisa mengakui terobosan menggunakan pupuk kandang atau pupuk kotoran ternak sapi.

“Terobosan anggota kelompok tani juga bisa menggunakan pupuk kandang untuk tanaman jagung dan lainnya, selain tanaman akan subur tanah atau lahan akan menjadi lebih baik,” kata Serda Supriyanto, Sabtu (18/02/2023).

Ketua Poktan Mekarsari Parmanto menyebutkan, bahwa saat ini luas lahan 2 hektar sedang panen raya jagung dan hasil panen jagung ini cukup lumayan memadai.

Jenis jagung yang dipanen saat ini yaitu jagung jenis pakan ternak, terkait hasilnya tanaman jagung seluas 2 hektar bisa menghasilkan 6 ton jagung.

“Pupuk subsidi tidak ada lagi sehingga kami petani mengeluh untuk permodalan membeli pupuk di toko pertanian, harapan kami Pemkab Tebo mendatang bisa membantu pupuk kepada Poktan,” harap Parnanto. (asa)