Beri Rasa Nyaman, Kapolres Bungo Lantik Pengurus Pokdar Kamtibmas

Dibaca: 320 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Kapolres Bungo, AKBP Mokhamad Lutfi, resmi melantik pengurus Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban (Kopdar Kamtibmas) Bahyankara Kabupaten Bungo di aula Mapolres, Kamis (18/02).

Pelantikan pengurus kopdar kamtibmas Bungo dihadiri oleh Bupati Bungo dalam hal ini diwakili oleh, Sekda ketua DPRD Bungo, Dandim 0416/Bungo Tebo, Kajari Bungo, kepala OPD terkait, Kasat Binmas dan pengurus pokdar kamtibmas Bungo.

Kapolrer Bungo, AKBP Mokhamad Lutfi mengatakan, supaya pengurus pokdar kamtibmas Bungo membantu tugas Polri dalam kamtibmas di masyarakat. Pokdar yang baru saja dilantik direkrut memang orang-orang yang sadar kamtibmas.

“Dengan adanya pokdar kamtibmas ini, masalah yang ada dimasyarakat tidak harus dibawa ke ranah kepolisian, pera. Pokdar membantu untuk menyelesaikan masalah dengan hasil musyawarah dan kedua belah pihak sama-sama menerima keputusan itu demi kamtibmas,” ucap Lutfi.

Terpisah, ketua pokdar kamtibmas, Drs. Ismail Rangkuti M.Sy. Saat dikonfirmasi mengatakan, ia tadi baru saja dilantik sebagai pengurus pokdar kamtibmas kabupaten Bungo oleh Kapolres AKPB M Lutfi. Tentu kepercayaan yang diberikan akan dijalan sesuai aturan dan tujuan Pokdar itu sendiri.

“Dengan adanya pokdar kamtibmas ini, kedepan bila ada di tingkat dusun atau kelurahan dan kecamatan permasalahan tidak mesti harus keranah hukum. Guna pokdar itu, membantu tugas Polri dalam menjaga kamtibmas di masyarakat,” kata Ismail Rangkuti.

Dikatakan, kedepan kepengurusan pokdar kamtibmas ini, akan bersinergi dengan Bhabinkamtibams, tokoh agama, tokoh masyarakat dan lembaga adat di masing-masing kecamatan. Pengurusnya akan segera dibentuk hingga ke tingkat dusun, kelurahan yang ada di kecamatan dalam kabupaten Bungo.

“Pokdar kamtibmas bertujuan memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa segala permasalahan yang datang harus bisa diselesaikan dengan musyawarah. Tidak lagi dikit-dikit ke ranah hukum, selagi tidak bertentangan dengan aturan hukum di NKRI,” tutupnya.

Ini Daftar Pengurus Kopda Kamtibmas Bungo Yang Dilantik Kapolres : 

1. Ketua. : Drs. Ismail Rangkuti M.Sy. (Ketua PC NU Kab.Bungo)

2. Bendahara. : H Sayono. (Ketua FKUB Kab Bungo)

3. Sekretaris 1. : H. Asrul ( MUI Kab Bungo )

4. Sekretaris 2. : Syafrial Anas ( Ketua Muhammadiyah Kab Bungo ).

Penulis  : (zek)

ADVERTISEMENT