Lindungi Tenaga Kontrak Daerah, BPJS Ketenagakerjaan dan Pemkab Bungo Teken Kerjasama

BPJS Ketenagakerjaan Bersama Pemkab Bungo Tandatangani Perjanjian Kerjasama untuk perlindungan Tenaga Kontrak Daerah. Rabu (18/1). Foto : Sidakpost.id Juliansyah. Biro Bungo

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSOSTEK) bersama Pemerintah Kabupaten Bungo, melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS), bertempat di Ballroom Hotel Amaris, Rabu (18/1/2023).

Kerjasama yang dilakukan, dalam rangka memberikan perlindungan bagi tenaga kerja kontrak daerah atau non ASN di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Bungo.

Penandatangan kerja sama itu dilakukan oleh Plt Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Bungo, H. Bambang Rodianto, bersama Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Muara Bungo, Kunto Baskoro, didampingi Asisten II Ir. H. Syaiful Azhar, Kepala Bidang Kepesertaan, Rina Septiana. Turut hadir dalam kegiatan itu, para Kepala Opd dan Camat dalam Kabupaten Bungo.

H. Bambang Rodianto, Plt Asisten III Setda Bungo mengatakan, penandatanganan perjanjian kerjasama yang dilakukan merupakan tindaklanjut dari kerjasama tahun sebelumnya, kerjasama itu dilakukan guna memberikan perlindungan untuk tenaga kontrak daerah atau non ASN tersebar di seluruh OPD.

Bambang bersyukur, bahwa pada tahun 2022, seluruh pegawai kontrak daerah di seluruh OPD Pemkab Bungo, sudah dijamin perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Alhamdulillah, kita dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bungo bersyukur karena berkat kerjasama ini, tenaga kontrak daerah atau non ASN di seluruh OPD di Bungo telah mendapat perlindungan BPJS Ketenagakerjaan, bilamana terjadi kecelakaan kerja dan meninggal dunia,” ujarnya.

Lanjutnya, pemerintah Kabupaten Bungo menyambut baik apa yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan dalam melindungi tenaga kerja, terutama yang dilakukan saat ini bagi tenaga Non ASN di seluruh OPD Pemkab Bungo.

“Semoga adanya penandatanganan perjanjian kerjasama, dapat memberikan manfaat, serta rasa nyaman dan aman bagi tenaga kerja Non ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bungo dalam bekerja,” ucapnya.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Muara Bungo, Kunto Baskoro mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah kabupaten Bungo yang telah berupaya dalam mendaftarkan tenaga Non ASN menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Dimana program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan ini merupakan suatu program strategis nasional, yang sudah di canangkan oleh pemerintah dalam rangka mengurangi resiko sosial dan ekonomi bagi pekerja.

“Begitu banyak manfaat yang akan didapatkan jika sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Segala resiko yang akan timbul, baik itu kecelakaan kerja maupun kematian semua nya akan dilindungi,” kata Kunto.

Menurut dia, manfaat tersebut bisa dilihat langsung adanya pemberian santunan kematian kepada ahli waris untuk tiga orang pegawai non ASN di beberapa OPD yang meninggal dunia.

“Santunan diberikan kepada ahli waris Alm. A. Sry Sopar, pegawai Dinas Satpol PP, Alm. Firmansyah, pegawai Dinas Kesehatan, dan Alm. Anajri, pegawai Dinas Lingkungan Hidup. Masing-masing diberikan santunan kematian sebesar Rp42 juta,” imbuhnya. (Jul)