Camat Lepas Ribuan Bibit Ikan di Sawah Suko Rami

Dibaca: 254 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Camat Vll Koto ilir didampingi dinas Perikanan kabupaten Tebo melepas ribuan bibit ikan Nila di area Sawah Suko Rami yang berada di Desa Cermin Alam Kecamatan Vll Koto Ilir Kabupaten Tebo.

Turut hadir dalam acara tersebut Camat Vll Koto Ilir dan Staf, Dinas Perikanan Kabupaten Tebo, para penyulu lapangan, kades Cermin Alam, dan tamu undangan lainnya.

Camat Vll Koto Ilir M. Syarif mengatakan, pelepasan ribuan bibit ikan nila di area pesawahan petani ini, bertujuan untuk pengembangan pertanian mina padi.

Selain untuk melihara padi, dan juga agar terhindar hama serta mendapatkan omset dari bibit benih ikan yang ditabur. Ada tiga tahap, untuk hari ini, baru 140 ribu bibit yang dilepaskan.

“Dengan cara seperti ini, ikan cepat berkembang biak, sehingga kedepan bisa menghasilkan, hasil yang lebih baik. Untuk bibit ikan yang dilepas sebanyak 380 ribu bibit ikan nila,” ujar Camat.

Bahkan sebut Camat, ikan tersebut bisa berkembang lebih cepat, karena lewat sistem mina padi. Dan juga kebituhan pakan lebih sedikit, dibandingkan dalam kolam.

“Semoga semua petani bisa memelihara ikan yang sudah diterbakan di sawah, agar bisa memenuhi kebituhan petani,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis Perikanan, Casdari mengatakan, program mina padi adalah sistem budidaya ikan di sawah, dimana ikan dan padi dipelihara secara bersama.

Mina padi ini, menggunakan pendekatan ekosistem dan secara perlahan akan menghilangkan ketergantungan terhadap penggunaan pestisida.

Kualitas padi dari lahan mina padi, menurut Casdari, juga lebih baik setelah diuji padi dari mina padi memiliki kadar glukosa yang lebih rendah.

Keuntungan lain dari sistem mina padi adalah petani masih mendapatkan keuntungan walaupun padinya terkena hama. Hanya saja tinggal membuat parit yang mengelilingi petak sawah, untuk lebih mudah saat panen dqn tempat ikan berteduh.

“Contohnya padinya terkena hama, kita bisa potong dan ikannya kita tambah pakan lagi ikan masih tetap bisa dipanen semoga budiaya seperti ini dilakukan oleh petani lain,”  kata Kadis. (nwr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT