Camat Tungkal Ilir Kunjungi Balita Disabilitas

Dibaca: 202 kali
Camat Tungkal Ilir didampingi Lurah dan Yayasan MPC Kunjungi Balita Disabilitas/Foto : sidakpost.id (Satria)

SIDAKPOST.ID. TANJAB BARAT – Camat Tungkal Ilir, Ardian, kunjungi kediaman Siti Aisyah (2) anak dari pak Jasman, mengalami kebutaan dan gizi buruk di Rt 05 Sungai Tiram, Kelurahan Sungai Nibung Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kamis, (16/12/2021).

Dalam kunjugan tersebut Camat juga didampingi oleh Lurah Sungai Nibung dan para Staf. Turut mendampingi aktivis sosial, Yuliawati Ketua Yayasan Muslim/ah Penuh Cinta (MPC).

Yuliawati yang akrab dengan panggilan Bunda Uli mengatakan, ini merupakan kunjungan yang kedua kalinya. Kali ini bersama Camat Tungkal Ilir, mengunjungi kediaman Siti Aisyah, anak dari Ibu Upe dan Bapak Jasman setelah hari Selasa kemarin.

“Kami akan terus mengupayakan agar Siti Aisyah mendapatkan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS), agar terjamin. Sewaktu Aisyah berumur enam bulan ada juga yang menyarankan untuk dirujuk kejambi cuman terkendala dengan biaya”, ungkapnya.

Ibu Upe mengatakan sebelumnya ada yang menyarankan berobat ke Jambi, tapi terkendala biaya. Karena yang dibutuhkan sangat besar. Dimana dari Puskesmas kurang respon termasuk dari RT setempat untuk layanan anaknya.

“Siapa yang tak pingin anak sehat tapi kami tak ada BPJS. Kalau lewat umum ya kami haru ada uang dua juta. Uang sebanyak itu dari mana kami dapat, oleh karena itu kami berharap perhatian dari pihak-pihak terkait untuk membantu kami, “katanya.

Sementara Lurah Sungai Nibung Alfizan Fajri mengatakan, informasi tidak ada  dari Ketua RT terkait ini. Ia mengaku terkejut, data stanting pada awalnya tak ada, lalu melonjak dengan jumlah angka 14 kasus terdata pada tahun ini.

“Dari pihak puskesmas tidak ada laporan ke kami dari kelurahan. Bahkan dari lintas sektor tidak ada juga. Kalau sebelum ada datanya pasti kami turun kesini,”kata Lurah.

Camat Tungkal Ilir Ardian mengatakan dirinya sangat prihatin melihat kondisi ananda Siti Aisyah. Pihaknya juga akan mengupayakan untuk penanganan agar pada Aisyah lewat puskesmas setempat. Ini daerah jauh dari jalan besar, mudah mudahan tak ada lagi kasus yang lain.

“Kami tetap memfasilitasi melalui Lurah apa saja yang dibutuhkan administrasi untuk membawa anak ini supaya mendapatkan layanan kesehatan dengan cepat,”katanya. (str)

ADVERTISEMENT