Pleno Kota Sungai Penuh Gagalkan Penggelembungan Suara CE-Ratu, Keunggulan Haris-Sani Melebar

Dibaca: 83 kali

SIDAKPOST.ID, JAMBI – KPUD Kabupaten dan Kota se-Provinsi Jambi telah merampungkan pleno penghitungan suara pemilihan Gubernur tingkat Kabupaten dan Kota. Alhasil, Keunggulan DR H Al Haris-Drs H Abdullah Sani (Haris-Sani) calon Gubernur Jambi nomor urut 3, dari Ce Endra-Ratu Munawarah (CE-Ratu) Calon Gubernur Jambi nomor urut 1, makin melebar.

Rilis dari data Center Haris-Sani, melebarnya keunggulan Haris-Sani ini disebabkan terjadi pengurangan suara CE-Ratu di Kota Sungai Penuh. Ini akibat ditemukannya kecurangan berupa penggelembungan suara pasangan CE-Ratu saat pleno tingkat Kecamatan di Kecamatan Koto Baru, Kota Sungai Penuh.

Dalam D-Hasil Kecamatan-KWK Koto Baru, sebelum pleno Kota Sungai Penuh perolehan suara CE-Ratu tercatat 2.732, setelah pleno, berkurang dan hanya tersisa 732.

”Memang ditemukan ada pelanggaran berupa perubahan perolehan suara di Kota Sungai Penuh, ada penambahan secara signifikan untuk salah satu paslon, namun saat pleno, telah dikembalikan sesuai isian yang tertera dalam Form C-Hasil tingkat TPS,” ujar Fachrul Razi, Komisioner Bawaslu Provinsi Jambi.

Pengembalian suara ini juga berdampak pada naiknya perolehan suara pasangan 02 Fachrori-Syafril, pasangan dengan jargon Berkah tersebut yang semula memperoleh 2.017 naik menjadi 3.784.

Pengembalian suara yang dicuri juga terjadi untuk pasangan Haris-Sani, pencurian suara dari pasangan ini lebih kurang 8 suara, juga dikembalikan saat rapat pleno tersebut.

Hasan Mabruri SSos, Direktur Direktur Haris-Sani menyebut, setelah rampungnya pleno tingkat Kabupaten Kota, keunggulan pasangan Haris-Sani dari pasangan CE-Ratu semakin melebar.

”Alhamdulillah, pengaduan kita terkait dugaan kecurangan berupa penambahan suara untuk pasangan CE-Ratu secara illegal saat pleno Kecamatan Koto Baru, akhirnya terbukti. Kembalinya suara rakyat ke posisi yang benar ini bukan hanya menguntungkan pasangan Haris-Sani, tapi ini adalah kemenangan bagi demokrasi kita,” ujar Hasan.

Ditambahkan, sesuai hasil pleno penghitungan tingkat Kabupaten Kota, pasangan Haris-Sani semakin mengungguli pasangan CE-Ratu.

”Rekapitulasi dari hasil pleno KPUD tingkat Kabupaten Kota yang tertera dalam berita acara Model D-Hasil Kabupaten/Kota-KWK, CE-Ratu memperoleh 585.203 suara, FU-Syafril memperoleh 385.388, dan Haris-Sani memperoleh 596.621 suara,”terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, semula selisih keunggulan Haris-Sani berada pada angka 9.400 suara, setelahnya terbongkarnya kecurangan tersebut, Haris-Sani kini unggul 11.418 suara. (red)

ADVERTISEMENT