Tanggap Bencana Banjir, Sertu Syafrizal Cek Debit Air Sungai di Tirta Kencana

Dibaca: 166 kali

SIDAKPOST.ID,TEBO – Musim penghujan dengan intensitas tinggi dan tak pelak lagi terjadinya bencana banjir maupun tanah longsor disejumlah daerah, seperti dipicu oleh meluapnya air Sungai membanjiri daerah-daerah di dataran rendah termasuk pemukiman yang berada di bantaran Sungai.

Menyikapi kondisi tersebut dan dalam rangka tanggap bencana banjir dan tanah longsor, Babinsa Sertu Syafrizal Koramil 416-07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bungo Tebo, bersama Perangkat desa mengecek debit Sungai Alai yang membentang di Desa Tirta Kencana, Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo.

Pengecekkan debit air Sungai Alai dilakukan setelah Babinsa usai menggelar pertemuan dengan Pemdes
di Balai Desa Tirta Kencana, juga tampak hadir Kepala Dusun dan undangan lainnya dalam pertemuan ini.

Babinsa Sertu Syafrizal juga mengatakan, dimusim penghujan selain harus waspada adanya bencana banjir dan tanah longsor, warga masyarakat harus maspada timbulnya penyakit demam berdarah (DBD) yang diakibatkan pemukiman yang kumuh dan kotor.

Untuk menjaga terjangkitnya penyakit DBD, Mayarakat harus membersihkan lingkungan tempat tinggalnya, seperti membersihkan parit atau got, mengubur bsrang bekas yang bisa menampung air.

“Kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian Sungai jangan membuang sampah didalam Sungai, bagi warga yang bermukim di pinggiran Sungai untuk tetap waspada bila terjadi meluapnya air Sungai segera mengungsi ke daerah yang aman, “cetus Syafrizal. (asa)

ADVERTISEMENT