KPU Tubaba, Beri Tegang Waktu Partai Politik Lengkapi Berkas

Dibaca: 293 kali

SIDAKPOST.ID, TUBABA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) berikan masa tenggang hingga 1 Desember 2017 medatang, untuk perbaikan‎ berkas terhadap 6 dari 14 Partai politik calon peserta pemilihan umum belum mencukupi syarat.

Hal tersebut ditemukan setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tubaba, melakukan ‎penelitian administrasi ‎dan kegandaan Keanggotaan partai politik calon peserta ‎Pemilihan umum tahun 2019 mendatang.‎

Menurut Komisioner devisi hukum KPU Yudi agusman mengatakan. Setelah dilakukan perifikasi terhadap administrasi keanggotaan 14 partai yang disampaikan ke KPU terdapat beberapa parpol yang aggotanya masih dalam status pejabat Negara aktib, belum cukup umur dibawah 17 tahun serta belum memiliki E-KTP elektronik.

”Kepada enam Parpol yang belum memenuhi syarat saat ini, kita berikan batas waktu perbaikan terhitung sejak 17 Nopember, hingga 1 Desember 2017 mendatang.,” kata Yudi,  saat di jumpai wartawan sidak post di Ruang kerjanya, Jumat (17/11/2017).

Lanjut dia adapun enam Parpol yang belum memenuhi syarat dan diminta untuk diperbaiki ‎diantaranya. Partai Amanat Nasional (PAN), jumlah anggota yang di sampaikan di KPU 305, hasil penelitian Memenuhi syarat 105, tidak memenuhi syarat ‎dan belum memenuhi syarat 200 anggota.

‎Partai Berkarya, jumlah anggota yang di serahkan di KPU 285, hasil penelitian memenuhi syarat 224, tidak memenuhi syarat dan belum memenuhi syarat 61 anggota

‎Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P)jumlah anggota yang disampaikan di KPU 312, hasil penelitian memenuhi syarat 8, tidak memenuhi syarat dan belum memenuhi syarat 304 angota.

Partai Gerakan Perubahan Indonesia (PGPI) jumlah anggota yang disampaikan di KPU 279, hasil penelitian memenuhi syarat 38, tidak memeuhi syarat dan belum memenuhi syarat 241 anggota.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP)‎ jumlah anggota yang disampaikan di KPU 375, hasil penelitian memenuhii syarat 89, tidak memenuhi syarat dan belum memenuhi syarat 286 anggota.

Partai Solidariitas Indonesia (PSI) jumlah anggota yang disampaikan di KPU 365, hasil penelitian memenuhi syarat 218, tidak memenuhi syarat dan belum memenuhi syarat 147 anggota.

‎”Parpol yang anggotanya melibatkan TNI, Polri, PNS, juga yang belum mencukupi umur di bawah 17 tahun mereka harus mengeluarkan anggota tersebut dari Partai. Sementara untuk 8 Partai yang telah mencukupi syarat perifikasi diantaranya , Hanura, Demokrat, Gerindra, PKS, Golkar, Nasdem, Perindo dan PKB,” pungkasnya. (her)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT