Kodim 0416/Bute Gelar Upacara Pemakaman Militer Almarhum Kapten Inf Purna M Nasir

Jenazah Almarhum Kapten Inf Purna H M Nasir Tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Satria Negara Muara Bungo.

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Kodim 0416/Bute menggelar upacara pemakamanan secara militer jenazah Almarhum Kapten Inf Purna. H M Nasir di Taman Makam Pahlawan (TMP) Satria Negara, Kecamatan Bathin III, Bungo, Selasa (17/10/2017).

Almarhum meninggal kemarin sore pukul 14.30 Wib, dalam usia 86 tahun, meninggal di rumah duka jalan sulthan thaha Kecamatan Pasar Muara Bungo. Beliu merupakan pejuang 45 dan juga pernah menjabat komandan koramil di wilayah Kodim 0416/Bungo Tebo.

Prosesi Pemakaman Almarhum Kapten Inf Purna M Nasir di TMP Satria Negara.

Bertindak sebagai irup upacara pemakaman militer kali ini, Pabung Mayor Inf Mushammid, sedangkan bertindak Komandan Upacara Kapten Inf T Marpaung, serta dihadiri seluruh prajurit Kodim 0416/Bute dan sanak saudara almarhum.

Danramil 416-06/Muara Bungo Kapten Inf T Marpaung mengatakan, upacara militer yang dilakasanakan merupakan penghargaan terkahir terhadap almarhum, karena semasa hidupnya beliau telah banyak berjuang unuk negara dan bangsa.

Almarhum lanjut Danramil, pernah terlibat dalam operasi timur-timur dan ikut perjuangan sebelum kemerdekaan tahun 1945 di lampung Tengah. Serta pengaharga lainnya.

“Proses pemakaman bagi prajurit secara militer merupakan tradisi korps yang dilakukan untuk menghormati arwah almarhum, Kapten Inf Purna H. M Nasir. Almarhum juga salah satu pejuang 45 dan pernah menjadi danramil diwilayah teritorial Kodim 0416/Bungo Tebo,”  Ujarnya.

Terpisah Pabung Mayor Inf Mushammid saat dikonfirmasi mengatakan, kegiatan upacara pemakaman secara militer dilaksakan secara penuh oleh Kodim 0416/Bute. Yang dihadiri sanak keluarga almarhum dan jajaran prajurit kodim dan FKPPI Muara Bungo.

“Sudah sepatutnya, kita mengenang jasa dan pengorbonan almarhum sebagai panutan dalam negara dan bangsa. Memaafkan segala kesalahan dan kekhilafan almarhum baik sengaja maupun tidak sengaja semasa beliua hidup,” Ujar Mayor Inf Mushammid.

Dan mari kita berdoa agar semua amal ibadah dan perbuatan almarhum semasa ia hidup diterima oleh Allah SWT Amin.  (zek)