Akibat Kabut Asap, Penerbangan di Bungo Terganggu

Dibaca: 285 kali
Situasi di Bandar Udara Muara Bungo-Jambi

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Akibat kabut asap yang semakin parah, membuat aktivitas penerbangan di bandar Udara Muara Bungo ditunda karena tebalnya kabut asap di landasan pacu.

Kepala Bandar Udara Muara Bungo, Sigit Budiarto membenarkan adanya hal itu, Selasa (17/9/2019) mulai terganggu akibat kabut asap menyelimuti wilayah Bungo.

“Kondisi penerbangan mulai terganggu akibat kabut asap. Hari ini saja, ada tiga penerbangan yang delay karena visbility (jarak pandang ) di runway hanya 1 kilo meter,”ujar Kepala Bandara Muara Bungo Sigit Budiarto, Selasa (17/9).

Dikatakan Sigit, keselamatan utama bagi penerbangan, beberapa pesawat bahkan sudah berjalan menuju ujung runway untuk berisapan lepas landas. Numun karena pilot tidak ingin mengambil resiko, terpaksa kembali ke upron menunggu kabut asap mereda.

“Untuk delay bisa dua jam lebih, maupun sampai tiga jam. Untuk penerbangan hari ini dari PT Nam Air Boing 737 seri 500, rute Jakarta – Bungo dan sebaliknya Bungo -Jakarta terpaksa di tunda mengungu asap menipis,” ucapnya.

Lanjut Sigit, dampak kabut asap sudah mulai 11 September 2019. Pada intinya, pihaknya selalu menjaga keselamatan penumpang maupun crew yang ada di pesawat.

“Untuk diketahui tiga penerbangan dengan rute Bungo -Jakarta, Jambi -Bungo , Palembang Bungo mengalami delay, akibat kabut asap yang semakin tebal,”pungkasnya. (zek)

ADVERTISEMENT