250 Napi di Bungo Dapat Remisi, Empat Diantaranya Bebas

Dibaca: 123 kali
Sejumlah Napi di Lapas Muara Bungo Terima Remisi HUT RI ke-74

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Sebanyak 250 Napi di Lapas Klas II B, Muara Bungo, dapat remisi HUT RI ke-74 tahun 2019. Sebelumnya, Lapas Muara Bungo, mengusulkan 254 warga binaan ke Kemenkumham, akan tetapi hanya 250 yang dapat remisi.

Kepala Lapas Klas II B Muara Bungo, Rahnianto mengatakan, secara keseluruhan jumlah napi di lapas klas II B Muara Bungo sebanyak 443 napi. Jadi yang diberikan remisi pada HUT RI ke-74 ini, ada 250 orang. Semua yang dapat remisi, sudah memenuhi syarat administrasi.

Bupati Bungo H Mashuri, Berikan Remisi ke Warga Binaan Lapas Muara Bungo

“Dari 250 yang dapat remisi, empat diantaranya langsung bebas. Keempat napi berbas tersebut yakni, kasus narkoba, pencurian dan asusila. Jadi semua yang dapat remisi berkelakuan baik dalam menjalani masa tahanan di Lapas Muara Bungo,” kata Kalapas Rahnianto.

Dikatakan, pemberian remisi kepada napi yang memenuhi syarat itu, sudah menjadi hak seluruh warga binaan. Jadi, selama mereka menjalankan hukuman berkelakuan baik akan diberikan remisi.
Selain itu, ada juga program pembinaan kepada seluruh napi, seperti pembinaan kemandirian.

“Kepada napi yang mendapat remisi bebas bisa mengambil hikmah selama menjalankan tahanan di lapas. Apa yang sudah didapat selama di lapas kedepan bisa diteraklpkan di tengah masyarakat,” katanya.

Selain itu, kata Rahnianto, lapas Muara Bungo ini sudah over kapasitas, karena ada kenaikan yang sangat signifikan jumlah warga binaan. Tadinya, daya tampung lapas Muara Bungo 165 tahanan, akan tetapi sekarang sudah melebihi.

“Lapas Muara Bungo juga sudah melaksanakan berbagai program yakni, progarm kemandirian, sosial dan kepedulian lingkungan sekitar. Selain itu, kegiatan olahraga terus dihidupkan agar semua warga binaan kita memiliki tubuh yang sehat selama menjalankan hukuman,” tukasnya.

Tampak hadir dalam acara pemberian remisi ini, Bupati Bungo H. Mashuri, SP.ME, Wakil Bupati H. Syafrudin Dwi Apriyanto, S.Pd, Sekda Bungo H. Ridwan IS, MM, unsur Forkopimda, para camat dan undangan lainnya. (zek)

ADVERTISEMENT