Wabup Apri Buka Pelatihan Pembekalan Tupoksi Aparatur Dusun

Dibaca: 296 kali
Wabup Arpri Saat Buka Pelatihan Tupoksi Pemdus.

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Wakil Bupati H.Safrudin Dwi Apriyanto membuka pelatihan pembekalan tupoksi aparatur pemerintahan dusun bagi Rio yang baru hasil pemilihan Rio tahun 2016, Minggu malam 16 Juli 2017, di Amaris Hotel.

Para perangkat dusun ini juga dibekali pelatihan manajemen pemerintahan dusun bagi sekretaris dusun bagi Sekdus tahun 2017.

Kabid Pemdus, Marwilisman, ME mengatakan, elatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi Rio dan Sekretaris Dusun dalam memahami manajemen pemerintahan dusun, kelembagaan dusun, kekayaan dusun, perencanaan pembangunan dusun, produk hukum, administrasi dusun, penataan wilayah dan penyelenggaraan pemerintah dusun.

“Kita berharap para Rio dan Sekdus dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik dan mendapatkan pengetahuan dalam mengelola pemerintahan dusun kedepan,” ucap Marwilisman.

Sementara wakil Bupati Bungo H.Safrudin Dwi Apriyanto dalam sambutannya menyoroti soal laporan dusun dimana menurut laporan dari Inspektorat masih ada dusun yang memasukkan laporan yang betul dan ada pula yang tidak betul, Wabup berharap hal tersebut tidak terjadi lagi.

“Hari ini dana yang masuk ke dusun melebihi 1 Milyar, bagaimana kita pahami terutama menghindari penyalahgunaan anggaran,” kata Apri.

Wabup juga mengapresiasi dusun yang sudah menampilkan baleho tentang APBDus. Lebih bagus lagi ditampilkan lebih detail program yang akan dilakukan, tidak hanya sebatas berapa PAD yang masuk dan dari mana saja anggaran serta pengeluaran APBDes.

Politisi PKS ini juga menekankan apabila Pemdus semakin tertutup dan tidak transparan maka akan makin berpotensi penyelewengan anggaran.

“Saya minta datuk Rio harus berpegang teguh terhadap azas transparansi, maka dengan demikian tidak akan terjadi suuzon masyarakat dan penyalahgunaan anggaran,” terang Wabup.

“Libat dan ajaklah semua pihak dalam proses pembangunan di dusun, baik sesama perangkat dusun, BPD maupun masyarakat umum,” tambahnya. (zek)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT