Hari Donor Darah Sedunia, Kodim Bute Gelar Donor Darah

Dibaca: 247 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Dalam rangka hari Donor Darah sedunia 2021, Kodim 0416/Bute gandeng UPT PMI Kabupaten Bungo lakukan donor darah 50 anggota Kodim, 10 persit dan 10 orang anggota FKPPI cabang Bungo.

Dandim 0416/Bute Letkol Inf Arianto Maskare Subagio mengatakan, kegiatan donor darah merupakan bentuk bakti sosial TNI terjadap ketersedian darah di PMI kabupaten Bungo.

“Sama-sama diketahui kebutuhan darah setiap hari terus meningkat di Bungo tak dipungkiri masih banyak masyarakat kita yang kesulitan mendapatkan darah. Lewat donor darah hari ini setidaknya bisa membantu ketersedian darah bagi PMI,”ucap Dandim.

Dikatakan Dandim, kegiatan ini adalah tindak lanjut dari perintah Korem 042/ Gapu, dimana kegiatan ini serentah di jajaran Korem. Menurut WHO Indonesia membutuhkan darah sekitar 4.700.000 kantong darah dalam setahun.

“Apabila dibagi 366 hari dalam setahun berarti 1 hari itu kita membutuhkan darah berkitar 13.000 kantong, ini merupakan angka yang cukup besar. Jadi hari ini ada 80 pendonor yakni 50 dari Kodim, 10 persit dan 10 FKPPI,”kata Damdim.

Memang kalau dilihat dari angka yang tersedia rata-rata sampai dengan tahun 2020 kalau saya lihat di internet itu masih jauh sekali dari angka normalnya kebutuhan kantong darah sesuai dengan standar who masih kurang kurang lebih 2 juta kantong.

“Kita lihat di rumah sakit selalu saja ada orang yang menyampaikan permohonan untuk donor dara,  karena memang ketersediaan darah di rumah sakit habis. Apalagi pandemi ini memang orang yang melakukan donor pun mungkin terbatas karena memang tidak semua orang itu bisa di donor,”ujar Dandim.

Lanjut Dandim, kondisi yang mungkin lagi terinfeksi bagaimana sedangkan kebutuhan ini terus terus ada dan inilah yang membuat memang gerakan 1000 kantong darah ini harus tetap terus digalakkan hingga semua terpenuhi.

“Saya ucapkan terima kasih sekali lagi kepada teman-teman dari PMI yang telah bersedia hadir di tengah kegiatan yang cukup padat. Terima kasih banyak bagi yang ikhlas untuk ikut mendonorkan darahnya mudah-mudahan ini menjadi amal ibadah kita yang pastinya darah yang nantinya darah yang diambil ini tentu akan bermanfaat bagi sesama dari kita siapa pun nanti menggunakannya,” cetus Dandim. (zek)

ADVERTISEMENT