Dewan Pers Verifikasi Faktual Media Cetak Sidak Post

Dibaca: 250 kali
Pimpinan Perusaan PT. Indan Jurnalis Indonesia (IJI) menerima buku dari Wakil Dewan Pers Hendri CH Bangun.

SIDAKPOST.ID, BANDAR LAMPUNG – Wakil Ketua Dewan Pers, Hendri Chairuddin (CH) Bangun, bersama Staf Dewan Pers melakukan Verifikasi Faktual keabsahan dokumen media cetak Sidak Post, pada Kamis (17/6/2021).

Kedatangan wakil Dewan Pers disambut oleh, Komisaris PT Insan Jurnalis Indonesia Hasan E.S.Nage, Amd, Direktur Emilia Dwi Maharani,amd Pimpinan Perusahan Raju, Pemimpin Redaksi Zakaria, S.Sos.I, sejumlah staf dan wartawan.

Wakil Dewan Pers dan Staf Dewan Pers sedang memeriksa kelengkapan dokumen media cetak Sidak Post di Kantor Redaksi Bandar Lampung

Keabsahan dokumen yang dimiliki Sidak Post langsung diperiksa diantaranya, BPJS TK dan Kesehatan Akta Perusahaan, SK Pengesahan Kemenkumham, Kode Etik Perusahaan, dan bukti badan hukum, slip gaji, visi misi, dan yang lain.

Hendri CH Bangun tak luput memeriksa sertifikasi awak media ini, yaitu bukti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Utama . Bahkan syarat penanggung jawab dan pemimpin redaksi harus bersertifikasi Wartawan Utama, redaktur dipegang wartawan sertifikasi Madya dan reporter dengan syarat sertifikasi muda.

Dalam verifikasi faktual tersebut, syarat sertifikasi wartawan berjenjang telah dilengkapi oleh sidakpost dengan kelengkapan Wartawan Utama 1 orang, Madya 1 orang, dan Wartawan Muda 5 orang.

Sebelumnya, media ini telah melakukan pengajuan verifikasi dengan melengkapi berkas yang diujikan oleh Dewan Pers melalui situs resmi Dewan Pers tahun 2017 lalu telah terverifikasi administrasi oleh Dewan Pers.

Hendri CH Bangun menambahkan akan melakukan verifikasi faktual ke berbagai Kantor media cetak dan Online yang ada di Provinsi Lampung. Ada 18 media yang akan di vaktual dibagi oleh 2 tim selama tiga hari tanggal 17-19 Juni 2021.

“Verifikasi Faktual ini untuk melindungi masyarakat saat terjadi sengketa berita, tahu harus mengadu kemana, kalau hanya Verifikasi Administrasi kan kita belum tahu dimana keberadaan kantor seperti apa kelayakannya,”ujarnya.

Dikatakan, selain Dewan Pers dituntut untuk melindungi masyarakat Dewan Pers juga dituntut untuk melindungi Wartawan dari Masalah Perlindungan hukum dan Kesejahteraannya.

“Saya berharap media di Provinsi Lampung bisa lebih maju kedepannya dan wartawannya sejahtera,”ujarnya. (red/Sp)

ADVERTISEMENT