Antusias Warga Saksikan Festival Arakan Sahur, Ada yang Berbeda Kata Dewan Juri

Dibaca: 213 kali
Antusias Warga Saksikan festival Arakan Sahur di Tanjab Barat/Foto : sidakpost.id (satria)

SIDAKPOST.ID – Antusias masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat menyaksikan Festival Arakan Sahur memadati sisi Jalan, dari mulai Alun-alun Kuala Tungkal sampai di simpang Siswa lampu merah, Sabtu (16/04/2022). Malam.

Berdasarkan pemberitahuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten, Festival Arakan Sahur akan di adakan dengan 2 sesi dengan tanggal 16 dan 23 April 2022. Selain itu, dibuka gerai vaksinasi bagi masyarakat yang ingin vaksin, Dosis 1, 2 dan 3.

Festival arakan sahur di Tanjab Barat ini dengan tema bangga dan cinta terhadap kepariwisataan dan kearifan lokal Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Terlihat antusias masyarakat menyaksikan Festival Arakan Sahur duduk di atas motor hampir berjam-jam.

Seorang warga Tanjab Barat Friska (18) mengatakan sangat gembira bisa menyaksikan Festival Arakan Sahur ini. karena sudah beberapa Tahun terakhir tidak dilakukan secara langsung.

“Saya sebagai warga Tanjab Barat asli, sangat bergembira karena bisa nonton dengan kawan-kawan,”ungkapnya.

Friska juga turut apresiasi dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kreativitas anak muda Tanjab Barat. Ia berharap budaya lokal Tanjab Barat ini selalu ada pada saat momentum Bulan Ramadhan

“Saya berharap festival ini jangan sampai hilang karena ini merupakan ciri khas daerah kita di Tanjab Barat,”ujar Friska.

Riwan Gahardika dewan juri Festival juga menyebutkan, bahwa terdapat 10 peserta yang mengikuti terbagi beberapa Masjid dan Sanggar Seni di Kuala Tungkal.

“Awalnya ada 13 peserta, akan tetapi yang 3 ini cancel mengikuti Festival ini”, kata Riwan.

Dikatakan Riwan, sebagai dewan juri penilaian dari Festival ini terbagi kedalam beberapa kategori. Dilihat dari Audio, music ensamble dan perkusi 40 persen yang dinilai. Yang 40 persen lagi visual dinilai dari seragam peserta,

“Sebanyak 20 persen lagi prokes karena masih pandemi. Juga kesepakatan dari panitia dan unsur forkopimda begitu. Kemudian 20 persen dinilai dari medsos yaitu jumlah like dari instagram  Tanjabbarattourism,” jelas Riwan.

Sementara Wakil Bupati Tanjab Barat, Hairan, SH. Menyampaikan semoga dengan diadakannya festival arakan sahur ini menjadi ajang silahturahmi antar sesama umat muslim.

“Ini juga untuk meningkatkan tali persaudaraan antar sesama umat muslim, kami dari keluarga mengucapkan mohon maaf lahir dan batin semoga kita semua diberkahi oleh Allah SWT, ” katanya. (str)

ADVERTISEMENT