Wujudkan Ketahana Pangan, Babinsa Sutiyono Ajak Warga Manfaatkan Lahan Tidur

Dibaca: 124 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Dalam rangka untuk mewujudkan ketahanan pangan yaitu pangan non beras ditengah masyarakat, para Babinsa Koramil 416 – 07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute gencar kampanyekan dan mengajak kepada masyarakat yang memiliki lahan tidur atau terlantar, agar dimanfaatkan diolah dan ditanami tanaman yang produktif.

Babinsa Serka Sutiyono tak bosan -bosannya mengajak kepada warga di desa binaannya untuk memanfaatkan lahan kosong dengan menanami sejenis tanaman Palawija seperti jagung, kedelai, singkong dan lainnya. Juga lahan pekarangan rumah bisa ditanami sayur maupun tanaman jamu-jamuan tradisional.

Ajakan tersebut disampaikan oleh Serka Sutiyono pada saat mengunjungi kebun jagung milik Kelompok Tani (Poktan)
Sido Makmur, bertempat di Jalan
Gajah Mada Desa Tegal Arum Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo.

Dikatakan Serka Sutiyono, bahwa lahan tadah hujan dapat ditanami tanaman palawija, dengan cara tumpang sari diantaranya seperti jagung dengan kacang tanah, kedelai, kacang hijau, ubi dan yang lainnya.

Pekarangan rumah bisa ditanami tanaman jamu tradisional seperti jahe, kencur dan lainnya, juga Sayuran
seperti kacang panjang, gambas, terong, cabe dan lainnya.

“Selain tanaman tersebut hasilnya untuk menambah ekonomi kebutuhan keluarga, maupun ketahanan pangan dimasa pandemi Covid-19,”ujar Babinsa Serka Sutiyono, Rabu (17/03/2021).

Ketua Poktan Sido Makmur Adi sangat
berterima kasih kepada Babinsa Tegal Arum, yang selama ini aktif menyambangi dan memberikan motivasi untuk kemajuan Poktan yang ada di Tegal Arum.

” Diharapkan Bapak Babinsa, agar terus menjalin kemitraan dibidang pertanian dan bidang kamtibmas di Desa Tegal Arum Rimbo Bujang, “tutup Adi. (asa)

ADVERTISEMENT