Tagana Dinsos Bungo Ikuti Apel Siaga Gelar Pasukan Bencana

Tampak Kadinsos Bungo, bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinsos Bungo ikut Hadiri Apel Siaga Bencana Alam di Lapangan Kantor Bupati Bungo. Rabu (16/11). Foto : sidakpost.id/zakaria

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Taruna Siaga Bencana (Tagana) dari Dinas Sosial P2KB dan P3A Bungo mengikuti apel siaga gelar pasukan dan peralatan kesiapsiagaan hadapi potensi bencana hidrometeorologi.

Apel gelar pasukan dipimpin langsung oleh Bupati Bungo, H Mashuri diikuti oleh unsur forkopimda Bungo, TNI-Polri, Camat, dan para kepala OPD lingkup Kabupaten Bungo di lapangan kantor Bupati, Rimbo Tengah.

Dalam amanatnya, Bupati Bungo Mashuri mengingatkan, untuk menghadapi bencana dibutuhkan perilaku tangguh sehingga bisa timbul kesadaran. Tidak hanya sikap akan tetapi pemikiran dan perilaku.

” Kesiapsiagaan menjadi elemen penting sebagai bentuk tangguh menghadapi potensi bencana. Apel gelar pasukan ini dimaksudkan untuk kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai ancaman bencana alam,” ujar Mashuri.

Seperti banjir, longsor, angin puting beliung, dan bencana lainnya dan mempersiapkan personil maupun peralatan yang dalam kondisi siap jika sewaktu-waktu terjadi bencana dan dibutuhkan.

” Siaga bencana dimulai dari diri sendiri keluarga dan komunitas, kenali bahayanya, kurangi resikonya, tingkatkan kapasitasnya, atur strateginya dan siap untuk selamat,” cetusnya.

Sementara Kadis Sosial Dra Novalia saat dikonfirmasi sidakpost.id mengatakan, ia membenarkan, Tagana dari Dinsos turut hadir dalam apel siaga bencana dengan tujuan untuk antisipasi kesiapsiagaan.

” Kami Dinas Sosial P2KB dan P3A Bungo telah siap siaga dalam menghadapi segala bentuk bencana yang terjadi. Tentu dalam setiap tindakan, Dinsos juga berkoordinasi dengan dinas terkait lainnya, hingga pihak desa dan kecamatan,” tutupnya. (zek)