Musrenbangdus Rantau Embacang, Utamakan Usulan Skala Prioritas

Dibaca: 260 kali
Dihadiri Camat Tanah Sepenggal Lintas, Kab Bungo Musrenbangdus Berjalan Lancar/Foto : sidakpost.id (jul)

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Pemerintah Dusun Rantau Embacang, Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas, melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Dusun (MusrenbangDus) untuk Tahun 2022, Selasa (16/11/2021).

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Desa tersebut, turut dihadiri Camat Tanah Sepenggal Lintas, Sekcam dan pihak kecamatan, Datuk Rio Rantau Embacang beserta seluruh Perangkat Dusun, Ketua BPD, Pendamping Desa, serta undangan lainnya.

Firdaus Rio Rantau Embacang, mengatakan MusrenbangDus ini dilaksanakan untuk membahas Realisasi anggaran tahun 2021 serta usulan untuk anggaran 2022.

Ia menyebut, pada musrenbangDus ini masih memfokuskan pada penanganan Covid-19, dengan mengoptimalkan penggunaan dana 8 persen dari Dana Desa, serta penyaluran BLT DD maupun sosialisasi dampak Covid 19.

“Alhamdulillah MusrenbangDus ini berjalan dengan lancar, dan apa saja yang menjadi program untuk kepentingan masyarakat Dusun, mudah-mudahan berjalan sesuai dengan usulan dan kebutuhan masyarakat,”kata Firdaus.

Bahkan kata dia, selain pengoptimalan penanganan Covid 19 Lanjutnya, berfokus juga pada kegiatan fisik, jalan Desa, sarana Pendidikan, keagamaan, kesehatan, dan Pertanian.

“Kita masih memprioritaskan pada penanganan Covid-19 dengan mengoptimalkan penggunaan dana 8 persen, penyaluran BLT DD maupun sosialisasi dampak Covid 19. BumDus, pembuatan jalan setapak, dan sektor pertanian, seperti bibit unggul beserta pupuk dan sebagainya,” cetusnya.

Sementara, Endy Camat Tanah Sepenggal Lintas, mengatakan bahwa Pemerintah Kecamatan berfokus dengan program pemerintah daerah, diantaranya untuk mengatasi stunting dan penanganan Covid-19.

Berkenaan dengan MusrenbangDus Rantau Embacang ini, pihaknya, tetap mengontrol dan mengawasi usulan yang menjadi prioritas. Utamanya, di bidang pendidikan, kesehatan dan keagamaan, serta sanitasi air bersih,

“Dari semua yang menjadi usulan masyarakat tersebut, mulai dari pendidikan agama terutama madrasah, pengajian antar perangkat desa, pendidikan Paud, termasuk kegiatan lembaga adat, pegawai syarak, tolong di perhatikan,” terang Camat Endy.

Endy juga berpesan dalam penggunaan dana anggaran tahun 2022 nantinya, diharapkan dilakukan dengan transparan, bahkan berdayakan seluruh perangkat sesuai tugas dan fungsi nya.

“Tentunya penggunaan DD harus betul-betul dilakukan dengan transparan, dan pergunakan lah anggaran ini dengan semaksimal mungkin, pada intinya betul-betul dari hasil kesepakatan bersama melalui musyawarah terlebih dahulu, sehingga pembangunan Dusun rantau embacang berjalan dengan apa yang kita harapkan,” tukasnya. (jul)

ADVERTISEMENT