Kapolres Tulang Bawang, Pimpin Sosialisasi Pencegahan Masalah Penggunaan Dana Desa

Dibaca: 342 kali
Kades dan Bendahara se Kab. Tubaba Saat Mengikuti Sosialisasi Penangan Masalah Dana Desa.

SIDAKPOST.ID,TUBABA – Kapolres Tulang Bawang, AKBP Raswanto Adi Kusumo, pimpin sosialisasi Nota Kesepahaman, Tentang Pencegahan, Pengawasan dan penanganan masalah Alokasi dana desa, di Kantor Pedada Tulang Bawang Barat, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kamis (16/11/2017).

Dalam paparannya, Kapolres, AKBP Raswanto mengatakan, sinergitas antara Bhabinkamtibmas dengan aparataur desa kiranya dapat meminimalisir permasalahan yang timbul terkait Dana Desa.

Sebutnya, dia tidak ingin adanya penyelidikan terkait permasalahan Dana Desa. Jika terjadi hal tersebut maknanya bukan kepolisian mencari cari kesalahan terkait dana desa namun semua itu tidak lain karena tugas.

“Sesuai MoU yang sudah disepakati dengan kami, dalam keikutsertaan pengawasan dalam penggunaan dana desa. Maka, saya berharap amanah yang diberikan kepada kades, dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” ujar Kapolres.

Kapolres Tulang Bawang Pimpin Sosialisasi Penangan Masalah Dana Desa.

Yang jelas sebut Kapolres, tugas yang sudah diberikan kepada Polisi, bukanlah untuk mencari kesalahan para Kades. Namun, lebih kepada pengawasan agar Kades tidak salah dalam mengunakan dana desa untuk kepentingan desa itu sendiri.

“Kami bukan untuk mencari kesalahan para kades. Namun lebih kepada pengawasan agar dana yang sudah digelontorkan oleh pemerintah bisa diginakan sebaik mingkin untuk kepentingan masyarakat banyak,” ujarnya.

Sementara Bupati Tulang Bawang Barat, yang diwakili oleh Asisten 1, Agus mengatakan, MoU yang sudah di teken dengan Kemendes tertinggal dan transmigrasi mengatakan, bahwa setiap desa harus menggunakan dana tersebut sesuai kebutuhan yang ada di setiap desa.

Bahkan kata dia, kepada pendamping desa untuk terus mendampingi para kades, sehingga tidak salah dalam menggunakan dana yang digelontorkan oleh pemerintah pusat.

“Kepada para kades, mari gunakan dana desa untuk mewujudkan kemajuan di setiap desa yang dipimpin. Sehingga pembangunan di Tulang Bawang Barat bisa terlaksana dengan baik. Masalah tranfer dana desa itu melalui mekanisme yang sudah ditentukan oleh pusat,” ujarnya.

Hadir dalam sosialisasi kali ini, Kapolres Tulang Bawang, AKBP. Raswanto Adi Kusomo,S.IK, Kadis PMD, para Camat se Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kapolsek, serta Kades dan bendahara se Kabupaten Tulang Bawang Barat. (her)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT