Babinsa Syaipul Himbau Warga Jangan Buang Sampah ke Sungai

Dibaca: 291 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Babinsa Serka Syaipul Koramil 416-07/Rimbo Bujang, mengimbau warga binaan atar tidak membuang sampah ke sungai karena bisa berakibat banjir.

Hal itu disampaikan Serka Syaipul ketika meninjau aliran sungai di Desa Sapta Mulia, Kecamatan Rimbo Bujang dengan anggota Satpol PP, Sabtu (16/10/2021).

“Selain mengecek kondisi debit sungai kami juga mengimbau kepada warga agar tidak membuang sampah ke sungai, hal itu bisa mengakibatkan banjir kalau sungai sudah penuh sampah,” katanya.

Terlebih kata Serka Syaipul kalau musim hujan, bila sampah menumpuk dengan maka air pasti tidak lancar mengalir dan sungai tersebut meluap ke permukiman warga, bila sudah seperti ini maka yang menerima dampaknya juga masyarakat.

“Selain itu, warga juga tak boleh mencari ikan di sungai dengan cara diracun atau cara-cara terlarang lainnya. Karena tidak dipungkiri kerusakan ekosistim sungai diakibatkan oleh tangan-tangan jahil,” kata Syaipul.

Dikatakan, sungai ini yang menjaga tidak ada orang lain, selain orang sekitar. Bila ada yang ingin merusak sungai ini, mari sama -sama mengingatkan mereka agar air sungai tetep terjaga dengan baik.

“Mari kita jaga kelestarian sungai supaya ikan tetap berkembang. Mari jaga aset sungai ini untuk anak cucu kita di masa mendatang,”katanya. (asa)

ADVERTISEMENT