Desa Aurcino, Berprestasi Dibidang Religi

Dibaca: 299 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Desa Aurcino Kecamatan Vll Koto Kabupaten Tebo, secara giograpis terletak di penghujung perbatasan Dharmasraya Sumbar.

Dengan mata pencarian masyarakatnya adalah kebun karet, namun Desa ini dikenal gudangnya agama islam seperti contohnya Desa Aurcino sudah 12 kali secara berturut – turut meraih juara Umum MTQ Tingkat Kecamatan Vll Koto.

Saat memasuki Desa Aurcino dapat ditemukan disetiap Musolla ataupun Masjid pada waktu Mangrib menjelang Isya, digelarnya pengajian Jus Amma maupun Al Qur’an.

Selain tersebut masih dapat kita ketemukan do desa ini, seperti kesenian religi bernafaskan islami seperti ysitu group Rabana dan Lain-lain.

salah seorang pemain Kompangan Desa Aurcino Adi Saat dibincangi Sidakpost,id mengatakan, membenarkan kesenian bernafaskan islami seperti Kompangan maupun Rabana, selain untuk menjadi hiburan juga untuk menjadi tuntunan bagi masyarakat.

Pasalnya lagu-lagu yang ditampilakan oleh kesenian ini, adalah bernuansa ajakan perintah agama dan larangan dalam agama islam.

“Benar kesenian di desa ini seperti Kompangan dan Rabana tetap eksis dan sering tampil baik dalam hajatan masyarakat maupun acara pemerintahan,” kata Adi.

Dilain tempat, Sekretaris LPTQ Desa Aurcino Tun Idmun dikonfirmasi mengatakan, pihaknya membenarkan tak salah lagi kalaupun Desa Aurcino dijuluki potonsi religi memang benar dan tidak terlampau muluk-muluk.

“Benar Kafilah Desa Aurcino sudah 12 kali berturut-turut meraih Juara Umum MTQ Tingkat Kecamatan Vll Koto, Ahamdulilah Wasukurillah kami berturut-turut sudah 12 kali menjadi Juara MTQ ini,” kata dia.

“Namun kami tidak berbagga hati dengan prestasi yang kami raih selama ini, motto kami belajar dan terus belajar menuntut ilmu pengetahuan agama islam,” ujarnya. (nwr/asa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT