Ketua STKIP Muhamadiyah dan 3 Narsum Lainnya Isi Webinar Literasi Digital Kominfo RI di Bungo

Dibaca: 216 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bersama Siber Kreasi kembali menggelar Webinar Literasi Digital. Menuju Indonesia Cakap Digital di Kabupaten Bungo.

Kali ini Webinar mengangkat tema “Menjadi Pendidik Cerdas dan Cakap Digital”. Webinar berlangsung sukses, Kamis 15 Juli 2021 dengan di ikuti perangkat para guru, mahasiswa dan ibu rumah tangga di Bungo.

Webinar dimoderatori oleh Reni Risty dengan Key Opinion Leader Tomi Rist. Usai menyanyikan lagu Indonesia raya, moderator mempersilahkan Narasumber pertama Anwar Sadat S.T., M.T memaparkan materinya.

Pemateri yang juga seorang praktisi, akademisi TIK ini menyampaikan pentingnya seorang pendidik memahami perkembangan digitalisasi, karena pendidik merupakan garda terdepan dalam membentengi anak dari hal negatif yang di timbulkan dari perkembangan tekhnologi.

Sementara narasumber kedua, Astri Dwi Andriani, S.I.Kom., M.I.Kom menekankan agar orang tua dapat menjadi guru pertama bagi anak dan bisa menjadi pemantau terbaik anak agar dalam penggunaan gadget dan perkembangan tekhnologi dapat terarahkan ke hal yang positif serta produktif.

“Tepatnya anak bukan di larang bermain gadget, tapi di ajak diskusi, di arahkan ke hal yang positif,” terangnya.

Peserta webinar kali ini tanpak begitu antusias dan bertahan hingga pemaparan-pemaparan materi. Narasumber ketiga, Ketua STKIP Muhamadiyah Muara Bungo, Syafrial Anas, SE.,MM lebih menekankan bagi tenaga pendidik, khususnya guru dan dosen. Meski punya keterbatasan tetap harus belajar dan mengikuti perkembangan zaman. Mengoptimalkan diri penting meskipun tidak maksimal.

Narasumber terakhir, Radinal Fadli, S.Pd., M.Pd.T mengatakan. Memahami keamanan digital penting untuk meningkatkan kecakapan digital seseorang. “Jangan pernah mengumbar informasi pribadi di media sosial kita,” ucap Radinal.

Webinar kali ini memberikan 4 kesempatan langsung kepada 4 peserta untuk bertanya. Dan 6 peserta lainnya ikut di pilih memenangkan doorprize E-Money dari Kementerian Kominfo RI. Akhmad Ramadhan, Runner Literasi Digital Kabupaten Bungo mengatakan. Kegiatan selanjutnya akan di gelar pada 26 Juli 2021, dengan tema “Menangkap Pentingnya Literasi Digital Diera Revolusi Industri 4.0. Menunju Masyarakat 5.0.”.

Runner Bungo ini mengajak semua kalangan di Bungo untuk ikut webinar, selain gratis, masyarakat dapat memperkaya pengetahuan dan mendapatkan E-Sertifikat langsung dari Kominfo RI serta berkesempatan mendapatkan Give Away E-Money. (red)

ADVERTISEMENT