Diganjar Hukuman Penjara, Pelaku Pungutan Liar di Tebo

Dibaca: 639 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Demi untuk memberikan efek jera terhadap para pelaku pungutan liar (pungli), penerapan tindak pidana ringan (tipiring) akhirnya dilakukan hingga vonis penjara dijatuhkan majelis hakim dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Tebo. Rabu
(16/06/21) sekitar pukul 09.30 wib.

Dalam sidang tipiring yang digelar, bahwa Suparjo CS, warga Pelayang Kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo akhirnya dijatuhi pidana penjara masing masing selama satu bulan. Hakim menetapkan bahwa pidana tersebut tidak perlu dijalankan, kecuali dikemudian hari ada perintah lain dalam putusan hakim.

“ Terdakwa Suparjo CS terbukti bersalah dalam melakukan tindak pidana ringan mengemis dimuka umum dan dijatuhi hukuman pidana penjara masing – masing selama satu bulan, menetapkan bahwa pidana tersebut tidak perlu dijalankan kecuali dikemudian hari ada perintah lain, dalam putusan hakim oleh karena itu para terdakwa sebelum lewat masa percobaan selama tiga bulan berakhir melakukan tindak pidana, ”Ucap Majelis Hakim Lady Arianita.SH.

Dipaparkan oleh majelis hakim, bahwa perbuatan terdakwa terhadap Sopir kendaraan yang melintasi di jalan lintas Tebo Jambi KM 14 Desa Kandang, Kecamatan Tebo Tengah pada Sabtu(12/06/21) lalu dinyatakan bersalah.

Perbuatan terdakwa tersebut telah dinyatakan terbukti bersalah sebagaimana dalam Pasal 504 ayat 1 KUHPidana, tentang mengemis dimuka umum yang mengancamnya dengan hukuman selama tiga minggu penjara.

” Vonis hukuman pidana penjara tersebut, ditegaskan hakim Ledy, mulai dijalankan oleh terdakwa dalam pengawasan penyidik polsek Tebo Tengah terhitung sejak, Rabu (16/06/21) (hari ini, red) hingga tiga) bulan mendatang. Selain itu dalam pertimbangan majelis hakim, dari fakta di persidangan perbuatan terdakwa terbukti mengemis baru satu kali. ”Ucap Majelis Hakim Lady Arianita.

Sementara diluar persidangan, Kapolsek Tebo Tengah Iptu Dedi Tanto Manurung,SH menyebutkan, dengan penerapan sidang tipiring dan dijatuhkannya Vonis terhadap pelaku, pihaknya berharap dapat membuat efek jera para pelaku.

“ Dengan penerapan sidang tipiring ini, kami pun berharap di Wilayah Tebo Tengah ini tidak ada lagi pelaku pelaku pungli yang lain yang masih berani untuk melakukan aksinya, ” Ujar KapoksekTebo Tengah.

Kedepan pihaknya akan terus melakukan operasi, sebut Kapoksek, untuk mengamankan para pelaku pungli meski hukuman bagi pelakunya itu relatif cukup ringan.

“Kedepan masih kita lakukan, kita tidak mau Tebo Tengah ini terkenal jadi kota pungli, jadi seluruh pelaku pungli akan tetap kita tindak tegas. ” Pungkasnya.

Diketahui, bshwa aksi pelaku yang meresahkan para Sopir saat itu kepergok Polisi, saat kendaraan melintas di Jalan Lintas Tebo – Jambi KM 14 di Desa Kandang, Kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo.

Dari tangan pelaku, petugas berhasil menyita uang receh senilai Rp 31.000.- yang diduga dari hasilnya pungli terhadap kendaraan yang melintasi di kawasan tersebut. Selanjutnya para pelaku bersama barang bukti dibawa ke Mapolsek guna dilakukan penindakan hukum atas perbuatannya. (asa)

ADVERTISEMENT