Toleransi Beragama di Tebo, Umat Kristiani Bersinergi Dengan Umat Muslim

Dibaca: 156 kali

SIDAKPOST.ID,TEBO – Toleransi dan kerukunan antar umat betagama cukup tinggi di Kabupaten Tebo, terbukti di Desa Giri Winangun Kecamatan Rimbo Ilir , kehidupan masyarakatnya cukup tinggi dalam toleransi beragama. Seperti fenomena di Masjid Jami’ Baitul Makmur.

Warga umat Kristiani dari Gereja Santo Thomas dengan penuh keakraban mereka membantu menjaga keamanan dan parkir kendaraan pada saat saudaranya umat muslim melaksanakan Shalat Idul Fitri 1439 hijriyah, Jumat (15/6/2018).

Ketua Gereja Santo Thomas Kukuh Raharjo, mengatakan bahwa Bkineka Tunggal Ika yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia dalam perbedaan kehidupan beragama. Namun dalam perbedaan tersebut, saling hormat menghormati dan rukun dalam kehidupan bermasyarakat dan beragama.

“Kami umat Kristiani selalu siap memberikan bantuan untuk menjaga keamanan di Masjid, pada saat umat Muslim melaksanakan sholat idul fitri atau kegiatan merayakan hari besar Idul Fitri dan lainnya,”ujarnya. Sebaliknya pada saat kami merayakan hari besar Kristiani di Gereja, saudara kita umat muslim juga membantu menjaga keamanan Gereja,” ungkap Ketua Gereja Santo Thomas.

Kapolsek IRimbo Ilir Iptu Panji Lazuardi, SH, melalui Bhabinkamtibmas Bripka Dadan Juanda saat dikonfirmasi, membenarkan toleransi beragama masyarakat Rimbo Ilir cukup tinggi,

Hal itu, sering dibuktikannya dalam kehidupan bermasyarakat saling bantu membantu dan bergotong royong dalam mengamankan kegiatan keagamaan di Masjid maupun Gereja.

Kerukunan itu, sudah berlangsung sejak dulu, saling berkunjung ke rumah antara warga muslim dan warga kristiani menjalin silaturahmi.

“Kita berharap persatuan dan kesatuan serta kerukunan umat beragama terus dipertahankan sehingga terwujud kamtibmas yang kondusif aman dan damai, “pungkas Bripka Dadan. (asa)

ADVERTISEMENT


Komentar

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*