Kapolsek Muara Bungo, Apresiasi Warga RT 02/RW 01 Tanjung Gedang Aktifkan Jaga Malam

Tampak Warga Rukun Tetangga (RT) 02 Rw 01, Kelurahan Tanjung Gedang Aktifkan Jaga Malam/Foto : sidakpost.id (zek)

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Ketua RT 02/ RW 01 Kelurahan Tanjung Gedang, Kecamatan Pasar Muara Bungo, Ahmad Nopik, aktifkan ronda malam untuk ciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di lingkungan pada bulan suci Ramadhan 1443 H/2022 M.

“Alhamdulillah, Kami mengajak para warga selama Ramadhan 1443 H, agar peduli terhadap kamtibmas lingkungan. Sesuai hasil musyawarah kami di Rukun Tetangga (RT), maka pos kamling wajib dijaga setiap malam, semua ini berguna untuk menjaga lingkungan agar tetap aman,”ujarnya.

Dikatakannya, untuk pembuatan pos kamling ini warga di RT 02 secara bersama-sama ikut goro membangun pos dengan dana swadaya masing -masing warga. Meski pos seadanya, tapi warga tetap semangat untuk jaga malam secara bergiliran setiap malam.

“Kegiatan ronda siskamling kami galakkan bukan sekedar untuk jaga namun, dijadikan ajang untuk bersosialisasi dan berkomunikasi antar warga, sehingga hubungan semakin erat. Warga juga akan saling menjaga. Ini bukan hanya di bulan puasa saja kami laksanakan tapi di bulan lain juga terus dilanjutkan,”ucapnya.

Terpisah Kapolsek Muara Bungo, IPTU Ivan juga sangat mengapresiasi langkah yang diambil oleh ketua RT 02 Kelurahan Tanjung Gedang bersama warganya. Karena sekarang pos kamling sangat diperlukan untuk menjaga situasi dan keamanan.

Terlebih jelang hari raya idul fitri 1443 H tindak kejahatan tentu sering mengincar warga yang lengah dan lingkungan sepi, dan terlelap tidur, mereka melancarkan aksi kejahatannya.

“Setidaknya dengan ada pos kamling secara tam langsung bisa mengatasi aksi kejahatan malam hari. Tentu dengan dijaga terus ronda malam ini, para pelaku gerak ruang pelaku kejahatan akan semakin kecil. Kami dari kepolisian tentu sangat mensuport jaga malam kembali aktif, “cetus Kapolsek. (zek)