Sasar Pedagang Pasar, BPJAMSOSTEK Muara Bungo Kampanyekan “Kerja Keras Bebas Cemas”

BPJamsostek Cabang Bungo kampanyekan " Kerja Keras Bebas Cemas " di kantor UPT Pasar atas Muara Bungo, Kamis (16/3/2023). Foto : sidakpost.id/julian. Biro Bungo

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Cabang Bungo mengkampanyekan “Kerja Keras Bebas Cemas” bagi para pedagang di pasar tradisional modern (PTM) atau Pasar atas Muara Bungo, Kamis (16/3/2023).

Dalam kampanye ” Kerja Keras Bebas Cemas” itu juga diisi dengan serangkaian kegiatan seperti lomba Karaoke dan bagi-bagi hadiah menarik. Selain kampanye, juga dilakukan penyerahan secara simbolis kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada para pedagang telah terdaftar.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bungo Kunto Baskoro, mengajak para pekerja informal atau sektor bukan penerima upah (BPU) terutama para pedagang di pasar atas Muara Bungo ini untuk terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Begitu pentingnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, karena jika sewaktu-waktu risiko terjadi, peserta yang telah terdaftar akan dijamin dan menjadi tanggung jawab BPJS Ketenagakerjaan.

“Dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, para pedagang bebas dari rasa cemas saat bekerja, karena sudah tercover di BPJS Ketenagakerjaan, baik itu dari rumah hingga menuju tempat kerja dan sebaliknya telah menjadi tanggung jawab BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Kunto.

Kunto menambahkan, cukup dengan membayar iuran sebesar Rp 36.800 per bulan, peserta yang merupakan pekerja sektor informal bukan penerima upah (BPU) sudah mendapat banyak manfaat perlindungan tiga program BPJAMSOSTEK berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua.

“Apapun pekerjaan anda, semua bisa daftar jadi peserta, karena seluruh pekerja berhak atas perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan BPJamsostek,” ujarnya.

Kepala UPT Pengelola Pasar, Janawer, menyambut baik adanya kegiatan kampanye “Kerja Keras Bebas Cemas” yang digagas oleh BPJS Ketenagakerjaan, dalam rangka mensosialisasikan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pedagang yang ada di pasar atas Muara Bungo.

Dengan kegiatan tersebut, para pedagang menjadi mengerti akan manfaat yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Dengan seperti itu, diharapkan timbulnya rasa kebutuhan untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Mungkin saat ini masyarakat terutama para pedagang belum banyak mengetahui manfaat program BPJS Ketenagakerjaan, sehingga dengan kegiatan ini menjadi mengerti apa itu BPJS Ketenagakerjaan beserta manfaatnya,” kata dia.

Dijelaskan, program jaminan sosial ketenagakerjaan merupakan amanah pemerintah untuk melindungi seluruh pekerja dari risiko yang terjadi.

BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya penting bagi pekerja penerima upah, tetapi juga pekerja informal yang bukan penerima upah, salah satunya bagi pedagang pasar.

Harapannya para pedagang kita terutama di pasar atas ini jadi mengerti tentang manfaat BPJS Ketenagakerjaan dan ikut mendaftarkan menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan. Memang kita semua tidak menginginkan risiko kerja itu terjadi.

“Akan tetapi jaminan perlindungan ini sangat perlu, karena ini penting dan sangat bermanfaat sebagai bentuk perlindungan diri dari segala risiko yang bisa saja terjadi, sehingga saat bekerja mendapat keamanan dan kenyamanan,” imbuhnya. (Jul)