Kurangi Angka Stunting, BKKBN Jambi Gandeng Mahasiswa UNBARI

SIDAKPOST.ID, JAMBI – Kurangi angka Stunting Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jambi gadeng Mahasiswa Universitas Batang Hari (UNBARI).

Hal tersebut dibuktikan, dalam kegiatan diklat pembekalan KKN Tematik posdaya angkatan XLV semester genap tahun akademik 2021-2022 di Aula Kampus, Rabu (16/02/2022).

Dengan narasumber pihak BKKBN bidang koordinator bidang KS/PK, Dra. Sri Banun Saragih dan koordinator bidang Dalduk Hj. Azazi Karim, S.Pd., MM. Sebanyak 520 mahasiswa yang akan mengikuti KKN pada tahun 2022.

Baca Juga :  Rosita Endra Mohon Doa Dunsanak dan Bundo Kanduang PKDP Rimbo Bujang

Azazi Karim mengatakan, di era sangat modern sekaligus masa pandemi sangat penting, penyuluhan dan pengetahuan tentang stunting untuk pembekalan mahasiswa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Mauro Jambi selama dua bulan.

“Mahasiswa peduli stunting (mahasiswa penting). Banyak sekali faktor terjadinya stunting dimulai dari kurangnya pengetahuan sebelum menikah, kualitas sanitasi kurang baik, konsumsi makanan yang bergizi dan lain sebagainya,”ujar Azazi.

Dikatakan, berdasarkan perpres nomor 72 tahun 2021 stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak, akibat kurang gizi kronis dan infeksi berulang yang ditandai, dengan panjang atau tinggi badannya dibawah standar yang ditetapkan oleh menteri urusan pemerintahan di bidang kesehatan.

Baca Juga :  Resmi Pimpinan DPRD Kabupaten Kerinci Defenitif Dilantik

“BKKBN tidak bisa berkerja sendiri, kami harus melibatkan beberapa mitra terutama, adik adik mahasiswa yang akan melaksanakan KKN. Tentu peran mahasiswa di lokasi KKN bisa memberi pengetahuan terkait stunting kepada masyarakat,”ujarnya.