Debit Air Sungai Alai Naik, Polisi Ingatkan Warga Waspadai Banjir

Dibaca: 137 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Dalam sepekan ini intensitas hujan cukup lumayan tinggi yang berdampak naiknya debit air Sungai Alai di Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo, kendatipun debit air Sungai naik sampai saat ini belum menimbulkan banjir di bantaran Sungai Alai ini. Namun, kewaspadaan terus dimonitor antisipasi datangnya banjir.

Hal tersebut diungkapkan oleh Aipda Dadan Juanda Bhabinkamtibmas Polsek Rimbo Ilir Polres Tebo, pada saat mengecek kondisi Sungai Alai pasca hujan sepekan ini. Bertempat di atas Jembatan Gantung Dusun Mekar Sari RT 26 Desa Giriwinangun, pada Sabtu (16/01/2021).

Bhabinkamtibmas Aipda Dadan Juanda memberikan pemahaman kepada warga yang bermukim disekitar bantaran Sungai Alai, bahwa musibah banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran Sungai yang berlebihan merendam daratan.

Banjir biasanya terjadi dikarenakan curah hujan yang terus menerus dengan durasi yang lama, sehingga membuat tampungan air seperti Sungai atau Danau meluap ke daratan.

” Stop dompeng liar atau Peti baik di Daratan maupun di Sungai yang mengakibatkan tebing-tebing Sungai longsor dan airnya menjadi keruh, tak pelak lagi pencemaran lingkungan terjadi dan kelestarian Sungai rusak porak poranda,”tegas Aipda Dadan Juanda. (asa)

ADVERTISEMENT