KPU Tanjab Barat Adakan Uji Publik Rancangan Penataan Dapil Alokasi Kursi DPRD

KPU Tanjab Barat Adakan Uji Publik Rancangan Penataan Daerah Pemilihan Alokasi Kursi DPRD. Kamis (15/12). Foto : sidakpost.id/Satria. Biro Tanjab Barat

SIDAKPOST.ID, TANJABBAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanjung Jabung Barat adakan Uji Publik Rancangan Penataan Daerah Pemilihan Alokasi Kursi Anggota DPRD untuk Pemilu Tahun 2024, Kamis (15/12/2022).

Kegiatan dilaksanakan di Aula hotel Ar-Riyadh Kuala Tungkal, selain dihadiri dari sejumlah partai politik, juga turut dihadiri, Dandim 0419 Tanjab, Kapolres, Kejari, camat, ormas, media dan yang lainnya.

Ketua KPU Tanjab Barat, Khairuddin mengatakan bahwa uji publik sebagai saran dan rancangan penataan dapil dan alokasi kursi.

“Dalam kegiatan ini ada beberapa masukan dan saran dari Bawaslu, Partai Politik dan awal media terkait pendataan dapil di tiap kecamatan. Tentu masukan dan saran itu akan kami tampung dan diputuskan oleh KPU Pusat,” ujarnya.

Dikatakan, terkait uji publik dan pendataan alokasi dapil sudah masuk dalam tahapan pemilu 2024. Tentu KPU menjalankan apa yang sudah diatur, sebagai penyelenggara hanya melaksanakan semua tahapan itu.

“Untuk alokasi Kursi DPRD Tanjab Barat ada pergeseran kursi. Seperti di dapil 5 pengabuan – Senyerang, awalnya 6 kursi bergeser menjadi 5 kursi. Dan dapil tiga Merlung awalnya 4 kursi menjadi 5 kursi,” cetusnya.

Sementara itu, Sekretaris Partai Demokrat Mukhtar mengatakan, terkait uji publik ini pihaknya mendukung langkah yang diambil oleh KPU.

“Dengan kegiatan uji publik penataan dapil ini seluruh partai politik dan peserta pemilu mengetahui sejauh mana tahapan pemilu yang diselenggarakan oleh KPU,” tutupnya. (str)