BPBD Tebo Ajak Warga Waspada Air Sungai Batanghari Meluap

Dibaca: 369 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Kabupaten Tebo dalam bulan Desember ini kerap diguyur hujan dengan intensitas tinggi, yang berdampak di beberapa desa disejumlah Kecamatan ada rumah warga yang terendam banjir terutama yang berada di dataran rendah.

Sangat perlu diwaspadai dan berhati-hati bagi warga yang bertempat tinggal dipinggiran atau bantaran Sungai, karena sewaktu-waktu air Sungai bisa meluap dan menimbulkan bencana alam banjir.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tebo menghimbau kepada masyarakat yang bermukim di bantaran sungai batanghari, untuk setiap saat meningkatkan kewaspadaan, bila air sungai meluap segera mengungsi tempat pebih aman.

“Saat ini kondisi debit sungai Batanghari maupun batang Tebo mengalami kenaikkan akibat dipicu intensitas hujan yang tinggi. Bagi warga yang bermukim di pinggiran sungai batanghari tetap waspada timbulnya banjir akibat air sungai meluap, “ungkap Antoni Faksi, Kabid BPBD Tebo dikonfirmasi, Rabu (15/12/2021).

Sementara itu, tokoh masyarakat Deni Kumbara saat melintas di Jembatan Perbatasan Kecamatan VII Koto dengan VII Koto Ilir melihat debit airnya sudah naik, bahkan kalau hujan terus menerus turun dengan curah yang tinggi, dikhawatirkan air sungai akan meluap.

“Betul hari ini saya melintasi Jembatan Perbatasan VII Koto dengan VII Koto Ilir nampak debit airnya naik, semoga air sungai tidak meluap dan tidak menimbulkan banjir,”ujar Deni. (asa)

ADVERTISEMENT