771209 Anak di Jambi Sudah Suntik Imunisasi Campak Rubella

Tampak Pihak Nakes Sedang Imunisasi Campak Rubella. Selasa (15/11). Foto : sidakpost.id/Ratna. Biro Jambi

SIDAKPOST.ID, JAMBI – Dalam rangka hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 Provinsi Jambi, Gubernur Jambi, Al haris memberikan penghargaan atas capaian Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang dilaksanakan mulai 18 mei sampai 31 Oktober 2022.

Capaian Provinsi Jambi 81.1 persen dari total 771.209 orang anak – anak usia 9 bulan sampai 12 tahun yang harus mendapatkan suntikan imunisasi Campak Rubela atau nomor urut 3 secara nasional.

Capaian tertinggi diraih oleh Kabupaten Tanjung Jabung Timur dengan capaian 95 persen ini satu-satunya Kabupaten kota yang mencapai target 95 persen yang ditetapkan Nasional.

Diikuti Kabupaten Batang hari dan Kota Sungai Penuh 91.3 persen kemudian Tanjung Jabung Barat 91 persen Kerinci 90.2 persen, Tebo 87.7 persen, Merangin 86.1 persen, Bungo 80.4 persen, Muara Jambi 74.2 persen Sarolangun 71.8 persen dan Kota Jambi 63.3 persen.

Kasi survelans dan imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi jambi dr. Dini Silvia, MM mengatakan bahwa angka yang dicapai oleh masing-masing kabupaten kota ini patut kita syukuri bersama,
Alhamdulillah sejak BIAN dicanangkan tanggal 18 Mei 2022, semua bergerak, mulai dari dukungan bapak Gubernur.

TP PKK, lintas sektor terkait, lintas program , Dinas Kesehatan Kabupaten kota, Puskesmas dan support/ pendampingan dari Unicef perwakilan Jambi.

“ Kerja keras Puskesmas ketika sedang tugas Vaksinasi covid 19 , dan pendampingan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kota memberikan dampak cukup istimewa dalam perlindungan anak – anak Jambi dari Penyakit2 yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi ( PD3I) melalui pemberian Imunisasi,” Ungkap dini.

Disisi lain, keberadaan mitra pembangunan Unicef cukup membantu dalam pelaksanaan BIAN ditengah keterbatasan anggaran untuk program BIAN ini
.
“ Piagam penghargaan untuk Kabupaten Kota ini sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah Provinsi atas komitmen pemerintah Daerah dalam pelaksanaan BIAN di Kabupaten Kota se Provinsi jambi,” tutup Dini. (rsa)