Antisipasi Kebakaran, Sertu Ardi Gelar Patroli Karhutla di Kebun Warga

Dibaca: 171 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Untuk mengantisipasi dan pencegahan secara dini terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Babinsa Sertu Ardi Hartanto Koramil 416 – 07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute, melakukan Patroli Karhutla bersama warga diwilayah binaannya di jalan Kresna Desa Sidorejo Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo.

Sertu Ardi Hartanto bersama warga masyarakat berpatroli Karhutla dengan sasaran menelusuri jalur – jalur kebun karet milik warga Sidorejo, pada hari Minggu (15/11/2020).

Babinsa Sertu Ardi Hartanto menuturkan, bahwa gelar patroli untuk mengantisipasi dan mencegah secara dini terjadinya kebakaran hutan dan lahan diwilayah Sidorejo Rimbo Ilir.

“ Saya ingatkan kepada masyarakat jangan membuka lahan untuk kebun dengan cara membakar, jangan membakar sampah disembarang tempat dan jangan membuang puntung rokok disampah kering, karena dapat memicu terjadinya kebakaran lingkungan yang meluas, “imbau Sertu Ardi Hartanto.

Tokoh masyarakat setempat Heri S mengatakan, bahwa masyarakat sangat senang selalu diingatkan oleh Babinsa Sidorejo, agar selalu berhati – hati jangan membakar sampah disembarang tempat untuk menghindari terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Kami sangat senang pak Babinsa sering mengingatkan untuk mencegah kebakaran, baik kebakaran hutan maupun kebakaran kebun milik masyarakat,”tutup Heri S.

Diketahui, pelaku pembakaran hutan dan lahan diancam dengan kurungan penjara paling lama 10 tahun dan membayar denda paling banyak sebesar Rp 1 milyar.

Sesuai dengan UU Nomor 32 tahun 2009, pasal 108 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan Hidup. (asa)

ADVERTISEMENT