Bupati Ajak Masyarakat Lestarikan Kearifan Budaya Tebo

SIDAKPOST.ID, TEBO – Bupati Tebo H.Sukandar mendampingi Kepala Kejaksaan Negeri Tebo M.Yusuf Tangai membuka perlombaan pacu perahu tradisional 2019, dalam rangka memeriahkan HUT ke XX Kabupaten Tebo. Bertempat di Objek Wisata Tanggo Rajo Muara Tebo, Selasa (15/10/2019).

Perlombaan pacu perahu tradisional ini diinisiasi oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Tebo. Dihadiri Bupati Tebo, Unsur Forkopimda Tebo, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda, Kepala OPD, Kepala Badan, Kepala Kantor dan Kepala Bagian Setda di Lingkup Pemkab Tebo, Para Camat, Tomas, Todat, Toda dan Undangan lainnya.

Peserta lomba pacu perahu diikuti 15 tim yang terdiri dari perwakilan OPD di Lingkungan Pemkab Tebo, Perwakilan Kecamatan se -Kabupaten Tebo. Untuk jumlah perwakilan OPD berjumlah sembilan tim, sedangkan perwakilan Kecamatan se Kabupaten Tebo ada enam tim.

Kajari Tebo M.Yusuf Tangai dalam sambutannya mengatakan, bahwa perlombaan pacu perahu tradisional ini banyak memberikan manfaat dan pelajaran yang bisa dipetik yaitu
Olahraga ini dominan untuk kesehatan.

” Olahraga ini mengajarkan kita untuk saling bekerjasama dan berkompetisi, dalam kehidupan sehari-haripun kita perlu untuk bekerjasama dalam memecahkan persoalan dan menghadapi tantangan yang dihadapi,” kata Kajari Tebo M.Yusuf Tangai

Bupati Tebo, H. Sukandar dalam kesempatan wawancara bersama awak media mengatakan, diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat membantu mempromosikan dan mengangkat kebudayaan daerah asli Tebo.

“Dengan adanya kegiatan ini dapat memancing antusias masyarakat Tebo tehadap Pacu Perahu Tradisional, yang merupakan warisan budaya daerah kita,” ujar Bupati.

Dikatakannya, masyarakat perlu kembali menggali potensi yang ada di daerah sendiri dengan demikian masyarakat Tebo memiliki modal lebih untuk meningkatkan taraf ekonomi.

Dan juga ada nilai jual yang bisa diberikan apabila masyarakat Tebo mampu menggali, menjaga serta mempromosikan olahraga tradisional dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Tebo.

“Perlombaan Pacu Perahu Tradisional Tahun 2019 ini bertujuan untuk mempromosikan pariwisata khususnya Objek Wisata Taman Tanggo Rajo, sekaligus memacu prestasi dan semangat masyarakat untuk lebih baik di cabang olahraga pacu perahu tradisional,
” tutup Bupati. (asa)