Program TMMD Ke-117 Kodim 0416 Bute di Desa Talang Silungko, Jawab Kesulitan Warga

Penyerahan Hasil Program TMMD kepada Pemda Bungo oleh Dansatgas TMMD dan Disaksikan oleh Kasrem 042/Gapu, dan Camat Bathin II Pelayang saat upacara penutupan beberapa waktu Lalu. Foto : sidakpost.id/Zakaria.

AGENDA  bertajuk sosial lewat momen TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 yang digelar Kodim 0416/Bungo Tebo dikawasan Desa Talang Silungko, Bathin II Pelayang, kabupaten Bungo, berakhir sudah.

Kegiatan yang digelar 12 Juli hingga 10 Agustus 2023 dirasakan warga begitu singkat. Karena Suasana kebersamaan yang selama ini terjalin erat antara warga dengan aparat TNI, menyisakan goresan di hati warga sekitar.

ZAKARIA – BUNGO

BEKERJA dan terus bekerja bersama warga tanpa kenal lelah,  yang dilakukan aparat TNI selama TMMD, tak terasa berakhir sudah. Berbagai pembangunan, yang dilakukan aparat bersama warga, menjadi bukti nyata, begitu aparat TNI sangat perduli, dengan warga.

Beginilah Perjuangan Siswa SDN 57/II Talang Silungko Untuk mendapat air Bersih dibawa ke sekolah. Foto : sidakpost.id/zakaria

Ada banyak hasil karya TNI dibawah komando Dandim 0416 BUTE Letkol Inf Evid Nirwan Edward, S.H., M,Si. Selama TMMD berlangsung, mulai dari pembukaan Jalan baru sepanjang 5 KM, pembangunan 6 gorong-gorong, Renovasi Musholla, bangun Rumah Tidak Layak Huni.

Selain itu, yang sulit dilupakan oleh warga rehab sekolah dan sarana air bersih yang tadinya sangat sulit didapat. Semenjak ada program TMMD semua menjadi lebih dekat dan lebih mudah untuk mendapatkan air bersih.

Karena semua sudah dibangun dan sekarang bisa dinikmati oleh masyarakat, hingga anak anak Sekolah Dasar Negeri 57/II Talang Silungko. Pasalnya, selama ini siswa siswi ingin mendapatkan air bersih harus turun naik tangga yang jarak sangat jauh dari sekolah.

Tampak Tugu Prasasti TMMD berdiri Kokoh Bukti nyata TMMD pernah dilaksanakan di Dusun Halang Silungko. Foto : sidakpost.id/zakaria

Sudah bertahun tahun, penderitaan siswa, guru dan masyarakat sekitar kalau ingin mendapat air bersih, harus pergi ke semak semak mengambil air mata air yang jauh di kebun milik warga. Akan tetapi, semenjak ada program ini, penderitaan itu terjawab sudah.

Kepedulian TNI memalui program TMMD dengan dunia pendidikan dan sarana yang ada, begitu dirasakan oleh anak anak SD Talang Silungko, para guru dan lapisan masyarakat sekitar. Karena TNI merubah, yang sulit menjadi mudah, yang tidak layak menjadi sangat layak.

Tampak Satgas TMMD sedang mengerjakan pembuatan jembatan akses jalan baru di dusun Talang Silungko. Foto : sidakpost.id/zakaria

Tak hanya sebatas pembangunan fisik, namun aparat pun menggelar kegiatan non fisik terhadap warga diantaranya, kegiatan penyuluhan narkoba, pertanian, kesehatan, wawasan kebangsaan dan Stunting.

Ini wujud kepedulian, jika TNI sangat perduli terhadap warganya. Bukan hanya sebatas melakukan pembangunan fisik, namun non fisik pun kita persembahkan untuk warga. Semoga pengabdian selama TMMD ini, benar – benar bermanfaat bagi warga.

“Semua rangkaian kegiatan ini, berhasil kita gelar, tidak terlepas dari peran besar  masyarakat setempat, yang bahu membahu bersama TNI melakukan berbagai pembangunan yang kita gelar,” tegas Dandim 0416/Bungo Tebo, Letkol Inf Evid Nirwan.

Satgas TMMD bantu ibu asuh memasak di dapur bentuk kemanunggalan TNI-Rakyat. Foto : ,sidakpost.id/zakaria

Sementara itu, bagi warga Talang Silungko sendiri, kegiatan TMMD ini, terasa sangat singkat. Seperti dirasakan Zulkarnain yang tak lain kepala Desa Talang Silungko. Ia sangat merasakan dampak positif TMMD.
Bahkan kegiatan seperti ini, telah banyak membantu kesulitan masyarakat.

Selama TMMD berlangsung tidak hanya berkutik dengan sasaran fisik yang begitu bermanfaat bagi warga, tapi mereka TNI begitu dekat dengan masyarakat. Karena itu lah, ia merasakan program yang mulia ini meninggalkan goresan kenangan yang positif akan dikenang sepanjang masa.

”Perasaan baru kemarin, kita bersenda gurau dengan aparat di sela kegiatan,  hingga makan dan minum bersama warga. Dan hari ini,  mereka sudah berlalu. Kami atas nama warga Talang Silungko benar benar berterima kasih terhadap TNI, yang telah memilih Kecamatan Bathin II Pelayang, sebagai salah satu titik lokasi TMMD,” ungkap Zulkarnain ditemui setelah acara penutupan TMMD.

Budaya Gotong Royong Terus dibangun oleh satgas bersama warga di lokasi TMMD dalam pembuatan tandon air bersih. Foto : ,sidakpost.id/zakaria

Tak hanya Kades, salah seorang warga setempat yang rumahnya di rehab aparat TNI yang tengah melakukan kegiatan TMMD mengaku, sangat  bangga dengan aparat TNI yang telah memikirkan nasib keluarganya. Karena berkat TMMD rumah dari tidak layak menjadi sangat layak huni.

“Sungguh apa yang dilakukan aparat TNI selama program TMMD sulit untuk kami ucapkan dengan kata kata. Karena semua kesulitan, ketidak nyamanan, dan harapan seluruh masyarakat terjawab dengan ada program yang begitu menyentuh ini,” ucap Edi Candra.

Dilain kesempatan Camat Bathin II Pelayang, Harijadi Ritonga menyampaikan rasa terima kasih kepada aparat TNI, yang selama ini telah melakukan pengabdian TMMD di Kecamatan yang dipimpinnya .

“Atas nama pemerintah Kecamatan, serta seluruh lapisan masyarakat dan Dusun Talang Silungko, saya mengucapkan ribuan terima kasih kepada TNI atas dipilihnya Kecamatan Bathin II Pelayang, sebagai lokasi TMMD ke – 117. Sekali lagi terima kasih,” ucap Harijadi. (**)