BPJS Kesehatan Gencar Pelayanan Masuk Dusun

BPJS terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat hingga ke pelosok Desa. Foto : Juliansyah/jkn

SIDAKPOST.ID, BUNGO – BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo kian gencar melaksanakan kegiatan Pelayanan Desa dan Kecamatan Terpadu (PDKT) dengan menyisir setiap desa dan kecamatan di wilayah kerja Muara Bungo setiap minggu.

Jadwal PDKT kali ini dilaksanakan di Dusun Maju Jaya, Kuamang Kuning, Kecamatan Pelepat Ilir, Selasa (26/07) lalu.

Sebelum pelaksanaan kegiatan PDKT, petugas Relationship Officer (RO) menghubungi kontak aparatur desa atau kecamatan yang akan dituju agar kegiatan tersebut dapat diinformasikan kepada seluruh masyarakat.

“Demi percepatan peningkatan cakupan peserta menuju Universal Health Coverage (UHC), kami gencarkan kegiatan PDKT ini di Kabupaten Tebo, Kabupaten Merangin, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh,”katanya.

Harapannya agar masyarakat atau peserta JKN yang sulit mengakses kantor cabang atau kantor kabupaten/kota BPJS Kesehatan terdekat, maka bisa terbantu dengan adanya pihaknya datangi atau  Istilahnya jemput bola,” tutur Purwanto.

Dijelaskan, pelayanan yang dihadirkan pada saat kegiatan PDKT pun sediakan semaksimal mungkin sehingga warga yang datang dan hadir dalam kegiatan tersebut dapat dilayani seperti halnya datang ke kantor BPJS Kesehatan.

Pertama, petugas BPJS Kesehatan akan melakukan sosialisasi terkait Program Jaminan Kesehatan Nasional (Program JKN) kepada warga yang hadir. Setelah itu, apabila ada peserta melakukan urusan administratif seperti perubahan data kepesertaan, bisa dilakukan pada saat itu pula.

Untuk peserta yang belum terdaftar akan kami terima berkas seperti Kartu Keluarga, NIK, dan syarat pendaftaran autodebit agar nantinya bisa kami daftarkan.

“Apabila ada hal-hal yang masih belum lengkap akan kami koordinasikan lagi dengan aparatur desanya sehingga seluruh warga dapat kami bantu pendaftarannya, “tutupnya.

Sementara Datuk Rio (kades) Dusun Maju Jaya, Suminto menyampaikan bahwa apresiasi terhadap para perangkat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama serta seluruh warga setempat nampak antusias menghadiri layanan MCS BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo.

“Saya ingin sampaikan kepada seluruh warga masyarakat Dusun Maju Jaya bahwa selama ini hampir 35 tahun baru kali ini kita bisa kedatangan tim BPJS Kesehatan ke dusun kita sehingga tidak perlu susah ke kantor BPJS Kesehatan yang memang akan memakan waktu kurang lebih dua jam perjalanan,”ujar Rio.

Insyaallah, seluruh perangkat dusun akan kami daftarkan dalam Program JKN, datanya telah kami siapkan dan akan diserahkan kepada BPJS Kesehatan untuk didaftarkan.

Diakhir sambutan Suminto berpesan kepada seluruh warga yang belum terdaftar agar segera mendaftarkan diri karena Program JKN merupakan hal yang sangat penting bagi semua orang.

“Terpenting bagi ibu-ibu muda yang akan melahirkan bayangkan jika harus membayar pribadi apabila dioperasi bisa menelan biaya belasan juta rupiah, tapi jika kita telah memiliki jaminan kesehatan tentu ini ditanggung dan gratis,”kata dia.

Jangan takut pelayanan yang diterima tidak memuaskan, tidak ada yang seperti itu. Insyaallah sama, semua orang yang sakit akan dilayani sama.

“Dari pada berhutang ke sana kesini untuk biaya berobat lebih baik kita bayar iuran tiap bulan. Syukur kalau kita tidak sakit, tentu hal ini bisa menjadi amal jariyah karena kita semua dapat membantu orang-orang yang membutuhkan,” ujar Suminto. (Jul)