Diduga Limbah Pabrik PT RAU Dibuang ke Sungai Sumay

Dibaca: 188 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Diduga limbah pabrik PT Ragunas Agri Utama (RAU) dibuang ke sungai batang sumay dan beberapa anak sungai lain di Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo, Sabtu (14/08).

Informasi diperoleh seorang warga desa Tuo Sumay, Hery Antony menemui titik lokasi dimana pipa pembuangan limbah diduga dari PT RAU langsung le sungai.

“Setelah ditelusuri memang benar PT RAU membuang limbah ke sungai sumay dan saya melihat langsung. Antara pipa dari kolam pembuangan limbah milik perusahaan dibuang ke sungai sumay,” kata Hery.

Dikatakan, ia juga melihat langsung sisa limbah yang bercampur air sungai dan terlihat sangat kental. Semua bukti ada, baim foto dan vidio limbah itu dibuang ke sungai sumay.

“Kami takut, bila sungai ini tercemar jadi tak bisa lagi dimanfaatkan oleh warga di sekitar sini. Karena musim kemarau tak ada jalan lain warga memanfaatkan air sungai ini,”paparnya.

Lanjut Hery, semoga permasalahan ini cepat diatasi karena kalau diniarkan saja maka akan berdampak buruk. Kalau lah air sungai sudah tercemar jangan untuk kebutuhan masyarakat ikan bisa punah.

“Kami hanya minta agar persoalan ini bisa diatasi secepatnya. Karena kalau dibiarkan yang dirugikan masyarakat,” tutupnya.

Terkiat berita ini, pihak perusahaan PT RAU belum bisa diminta keterangan terkait limbah tersebut hingga berita ini diterbitkan. (cr1)

ADVERTISEMENT