Danrem 042/Gapu Hadiri Pembukaan TMMD ke 111 Kodim 0420/Sarko

Dibaca: 173 kali

SIDAKPOST.ID, Merangin – Danrem 042 Garuda Putih, Brigjen TNI M Zulkifli dan  Kasiter Kasrem 042/Gapu menghadiri pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -111 Tahun 2021 di Desa Bukit Beringin, Kecamatan Bangko Barat Kabupaten Merangin, Selasa (15/6/2021).

TMMD Ke-111 Kodim 0420/Sarko dibuka oleh Bupati Merangin Dr. H Al Haris, diwakili oleh Wakil Bupati H. Mashuri, dengan tema “TMMD Ke 111 Wujud Sinergi Membangun Negeri” dilaksana di ruang pola I Kantor Bupati Merangin.

Tampak Dandim 0420/Sarko, Forkopimda Merangin, Dandim 0419/Tanjab yang diwakili, Danyon B Pelopor Satbrimobda Jambi. Serta hadir, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 042 PD II/Swj Ny. Dewi M. Zulkifli, Ketua Persit KCK Cabang XXII Kodim Sarko, Ketua Bhangkari, Ketua DPRD, Kepala OPD dan Instansi, tokoh masyarkat serta ormas.

Komandan Kodim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, selaku Dansatgas melaporkan, kesiapan TMMD resmi dimulai tanggl 15 Juni sampai dengan 14 Juli 2021. Hal itu, ditandai penandatanganan dan penyerahan proyek pekerjaan dari Bupati Merangin kepada Dandim 0420/ Sarko yang disaksikan langsung Danrem 042/Gapu.

“Sasaran fisik meliputi peningkatan badan jalan sejauh 7,5 km lebar 6 m dan perkerasan jalan sejauh 5 Km dengan lebar 3 m, pembangunan MCK 6 unit (11 pintu) terdiri dari MCK Posyandu 3 unit (3 pintu), MCK umum 1 unit (4 pintu), MCK tempat wudhu 2 unit (4 pintu). Pembangunan Pos Jaga, pembangunan Tugu TMMD dan renovasi RTLH 2 unit,” kata Dandim.

Sedangkn kata Dandim, untuk sasaran non fisik antara lain penyuluhan tentang Wasbang, Kamtibmas, Narkoba, Ketahanan Pangan, Kesehatan, peternakan dan perikanan, pengobatan gratis, vaksinasi lansia.

“Ada juga pelayanan KB, penyuluhan pendidikan, Posyandu dan stunting yang akan diisi oleh instansi terkait, termasuk edukasi sosialisasi Sop Protokol covid -19, “paparnya.

Sementara sambutan Bupati Merangin yang dibacakan oleh wakil Bupati Merangin H Mashuri mengatakan, bahwa TMMD merupakan salah satu wujud operasi militer yang dilaksanakan melalui program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, lembaga pemerintah non kementerian dan pemerintah daerah serta segenap lapisan masyarakat.

“Selaku pemerintah daerah sata patut bersyukur karena tujuan TMMD adalah yakni membantu percepatan pemerintah daerah dalam pembangunan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan TNI dan rakyat dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh,” ucap Wakil Bupati.

Danrem 042/Gapu dalam sambutanya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Merangin yang telah mendukung program TMMD Ke 111 Kodim 0420/Sarko.

“Sasaran TMMD telah direncanakan di Desa Bukit Beringin, Kecamatan Bangko Barat, Kabupaten Merangin Provinsi Jambi,”tutup Dandim.

Diakhir acara diserahkan bantuan Sembako, bibit tanaman dan alat tulis.

(penrem 042/Gapu)

ADVERTISEMENT