Pemred Sidakpost.id, Lulus UKW Utama

Dibaca: 595 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Media online sidakpost.id menjadi satu-satunya media di Kabupaten Bungo yang memiliki Sertifikat Utama dari Dewan Pers. Kepemilikan sertifikasi media online sidakpost.id dipastikan pemimpin sekaligus pemilik media, Zakaria.

Zakaria dinyatakan lulus pada saat Uji Kompetensi Wartawan (UKW), yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DKI Jakarta pada November 2018 lalu.

Dengan adanya sertifikat UKW tingkat Utama, Zakaria sangat berharap menjadi motivasi para pemilik media online khususnya di Kabupaten Bungo untuk mengikuti UKW dari Dewan Pers itu.

“Sertifikat UKW sangat penting. Karena media untuk bisa diverifikasi oleh Dewan Pers harus ada sertifikat UKW. Jika tidak ada maka tidak bisa diverifikasi oleh Dewan Pers,” ujar Zakaria.

Sebut Zakaria, untuk UKW sendiri ada kategori UKW Madya dan ada yang kategori UKW Muda. UKW Madya merupakan sertifikasi kompetensi  yang diberikan untuk setingkat jabatan redaktur (editor), koordinator liputan ( Korlip ) dan redaktur pelaksana (Redpel) disebuah media.

“Sedangkan UKW Muda untuk ketegori sebagai wartawan atau reporter. Selain UKW Madya dan muda masih ada UKW Utama untuk jabatan selevel Pemimpin Redaksi,”ujarnya menambahkan.

Menurutnya untuk mendapat sertifikat UKW maka  wartawan harus lolos uji tertulis, wawancara dan praktek kerja serta penguasan kode etik jurnalistik, UU Pers dan pengetahuan umum sesuai tingkat yang diambil seorang wartawan dari penguji  Dewan Pers Republik Indonesia.

Jika dimata penguji peserta memenuhi kompetensi sebagai wartawan barulah dikeluarkan sertifikat UKW.  Jadi yang ikut serta dalam UKW belum tentu lulus dan mendapat sertifikat kompetensi.

“Sama yang diterapkan profesi lain seperti dokter, pengacara, akuntan, notaris harus ada pendidikan profesi dan mendapat sertifikasi profesi,” kata Zakaria.

“Harapan Kita agar semakin banyak wartawan di Bungo khususnya anggota Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Jambi, meraih sertifikat UKW, juga kedepan ada wartawan di Bungo yang meraih UKW Utama yang merupakan sertifikasi tertinggi,”cetusnya. (jul)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT